TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lereng Arjuno Terbakar Lagi, Petugas Siapkan Upaya Pemadaman 

Kebakaran masih terus meluas

IDN Times/Istimewa

Batu, IDN Times - Kebakaran kembali terjadi di lereng Gunung Arjuno. Kebakaran tersebut bahkan dari kejauhan pada Jumat (11/10). Ini merupakan kebakaran kesekian kalinya yang terjadi di lereng Gunung Arjuno. Beberapa waktu lalu kebakaran juga sempat terjadi dan bahkan BPBD Kota Batu harus menggunakan helicopter untuk melakukan pemadaman lantaran lokasi api sulit dijangkau. 

1. Api terpantau di dua titik

Kebakaran Gunung Arjuno beberapa waktu lalu. Dok.BNPB

Berdasarkan informasi dari tim BPBD kota Batu, setidaknya ada dua titik api yang terpantu dari kebakaran tersebut. Dua titik api tersebut tampak di area Gunung Mujur blok Curah Banteng. Sementara titik api lainya yaitu blok Pusuk Lembu. 

"Saat ini petugas sedang berupaya untuk mencari cara memadamkan api," papar Kepala Tahura R. Soerjo, Wahyudi Sabtu (12/10). 

2. Kesulitan padamkan api

Dok.IDN Times/Istimewa

Saat ini petugas dari BPBD dan lainya masih kesulitan untuk memadamkan api. Sejumlah faktor mempengaruhi upaya dari tim gabungan untuk memadamkan. Medan terjal serta kondisi alam yang kurang bagus juga menyulitkan dari tim pemadam untuk melakukan pemadaman secara manual. 

"Kami memang masih menguapayakan pemadaman manual. Tetapi memang medan berat dan curam. Belum lagi angin kencang dan petugas terbatas," tambah Wahyudi. 

3. Luasan lahan belum diketahui

Dok.IDN Times/Istimewa

Di sisi lain, Wahyudi belum bisa memastikan berapa luasan area yang terbakar kali ini. Sebab, api masih terus meluas ke beberapa titik yang sulit dijangkau. Sehingga tim di lapangan belum bisa memastikan dan memetakan seberapa besar luasan area yang terbakar. 

"Sampai saat ini belum bisa memastikan. Apalagi personil di lapangan juga terbatas," sambungnya. 

Baca Juga: 100 Hektar Lahan di Gunung Arjuno Dilalap Si Jago Merah

Berita Terkini Lainnya