Sudah Padam, Kebakaran di Gunung Panderman Capai 70 Hektare 

Pemadaman berlangsung selama empat hari

Batu, IDN Times - Kebakaran yang melanda hutan di kawasan Gunung Panderman sudah padam. Setelah lebih dari empat hari petugas pemadaman berupaya untuk melakukan pemadaman, akhirnya api berhasil dikendalikan. Kini tim gabunga yang terlibat dalam upaya pemadaman sudah dikembalikan kepada instansi masing-masing. 

1. Kebarakan terbesar dalam 14 tahun

Sudah Padam, Kebakaran di Gunung Panderman Capai 70 Hektare IDN Times/ Alfi Ramadana

Kebakaran yang menimpa hutan gunung Panderman kali ini merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhi. Luasan kebakaran mencapai 70 hektare. Jumlah tersebut lebih besar dari kebakaran-kebakaran yang pernah terjadi dalam 14 tahun terakhir. 

"Tahun 2012 sempat besar juga sekitar 30 hektare yang terbakar. Tetapi tahun ini merupakan yang terparah," beber Achmad Choirur Rochim, Kasi Kedaruratan dan BPBD Kota Batu. 

2. Masih ada titik api

Sudah Padam, Kebakaran di Gunung Panderman Capai 70 Hektare IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun sudah padam, pihak BPBD menyebut masih ada titik api yang bisa berpotensi kembali membesar. Untuk itu, meskipun sudah membubarkan tim pemadaman, namun pantauan terhadap situasi di kawasan gunung Panderman masih terus dilakukan. Terutama untuk mengantisipasi agar kebakaran tak terjadi kembali. 

"Masih ada titik api yang berpotensi kembali menjadi api jika tertiup angin," ujar dia. 

3. Masih lakukan pemadaman bara api

Sudah Padam, Kebakaran di Gunung Panderman Capai 70 Hektare IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun secara umum tim gabungan sudah dibubarkan. Namun, BPBD kota Batu dan Perhutani masih akan melakukan pemadaman sisa-sisa kebakaran. Terutama pemadaman untuk bara api sisa kebakaran. 

"Pemadaman bara api dan pengawasan bekas kebakaran hutan akan dilaksanakan oleh Perhutani dan BPBD. Rencana pemadaman bara api dan pengwasan akan dilaksanakan sampai hari Sabtu mendatang," sambung Achmad Choirur Rochim.

Baca Juga: Kebakaran Panderman Terus Meluas, Petugas Terus Upayakan Pemadaman

4. Material mudah terbakar

Sudah Padam, Kebakaran di Gunung Panderman Capai 70 Hektare IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Choirur Rochim menyebut bahwa material yang ada di kawasan gunung Panderman memang mudah terbakar. Hal itulah yang membuat api cepat meluas ketika awal terjadi kebakaran. Bahkan menurut pantauanya dalam semalam saja api sudah mampu melalap 22 hektare area hutan. 

"Jenis tanaman yang terbakar meliputi Cemara Angin, Galitus dan Perdu (semak belukar). Lokasinya juga di lereng yang terjal. Jadi sulita bagi petugas untuk mencapai lokasi," tandasnya. 

Baca Juga: Kebakaran Gunung Panderman Masih Terjadi, Khofifah Ambil Langkah Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya