Comscore Tracker

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum Lebaran

Stasiun Kota Malang akan miliki wajah baru

Malang, IDN Times - Stasiun kota Malang bakal segera memiliki wajah baru. Pembangunan area baru untuk stasiun kota Malang merupakan bagian dari pengembangan tahap I. Area baru stasiun kota Malang tersebut bakal dibangun di lahan seluas 7000 meter persegi. Bahkan untuk proses peletakan batu pertama pembangunan area baru stasiun Kota Malang tersebut sudah dilakukan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa (24/9). 

1. Arsitektur terinspirasi Gunung Putri Tidur

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum LebaranIDN Times/ Alfi Ramadana

Sesuai rencana, bangunan baru stasiun kota Malang tersebut berlokasi di Jl Panglima Sudirman atau sebelah utara bangunan lama. Nantinya konsep dari bangunan tersebut terinspirasi dari Gunung Putri Tidur. 

"Bangunanya terinspirasi dari Gunung Putri Tidur yang berada di Malang Raya. Sistem bangunan juga mengusung konsep go green. Kami ingin ada kearifan lokal di stasiun baru ini," ujar Corporate Deputi Director of Existing Bussines Development PT KAI, Rohsjid, Selasa (24/9/2019).

2. Sebagai peningkatan pelayanan

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum LebaranIDN Times/ Alfi Ramadana

Pengembangan stasiun kota Malang tersebut memang bagian dari peningkatan pelayanan yang disiapkan PT KAI. Pasalnya bangunan lama stasiun kota Malang sudah tak mampu menampung kepadatan penumpang yang terus meningkat. 

"Saat ini tiap hari kepadatan penumpang sangat tinggi. Jadi kami perlua meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang," kata dia. 

3. Target sebelum lebaran selesai

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum LebaranIDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk proses pembangunan pengembangan stasiun tahap I ini ditargetkan selesai dalam waktu 8 bulan. Atau ditargetkan saat sebelum lebaran, bangunna baru Stasiun Kota Malang sudah bisa difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada penumpang. 

"Paling tidak saat lebaran sudah bisa difungsikan untuk melayani penumpang," sambungnya. 

4. Stasiun lama tetap difungsikan

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum LebaranIDN Times/ Aldi Ramadana

Di sisi lain, Rohsjid menegaskan bahwa bangunan lama Stasiun Kota Baru masih tetap difungsikan. Namun, penumpang memang lebih difokuskan pada area baru. Bangunan yang lebih besar serta area lebih luas dinilai akan mampu menampung animo penumpang lebih banyak. 

"Nanti bangunan lama dan baru akan kami hubungkan menggunakan skybridge. Pendanaan untuk tahap awal ini mencapai Rp54 miliar," jelasnya. 

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persen

5. Akan tambah perjalanan kereta

Pengembangan Stasiun Kota Malang ditarget Selesai Sebelum LebaranIDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, untuk jadwal perjalanan kereta nantinya juga akan menyesuaikan jika pembangunan gedung stasiun tersebut selesai. Saat ini Stasiun Kota Malang melayani sedikitnya 21 perjalanan kereta ke berbagai tujuan. Kedepan ada kemungkinan penambahan jalur perjalanan seiring dengan peningkatan jumlah penumpang. 

"Saat ini ada 6 jalur yang difungsikan di Stasiun kota Baru. Kedepan 9 jalur yang ada akan kami fungsikan semua. Pembangunan ini juga kami harapkan bisa meningkatkan perekonomian di Kota Malang khususnya untuk sektor pariwisata," tandasnya. 

Baca Juga: Jadi Akses Wisatawan, Stasiun Malang Kota Dorong Sektor Pariwisata

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya