Kemarau, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Alami Fenomena Frozen

Suhu di kawasan TNBTS hampir mendekati 0° Celcius

Malang, IDN Times - Sebuah fenomena unik terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Fenomena unik tersebut berupa munculnya embun yang mirip dengan es di sekitar kawasan TNBTS yang biasa dikenal sebagai embun upas. Hal itu disebabkan oleh cuaca di kawasan tersebut yang sangat dingin. Bahkan kini suhu disekitaran kawasan TNBTS nyaris mencapai 0° celcius. 

1. Sudah terjadi sepekan

Kemarau, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Alami Fenomena FrozenDok/ TNBTS

Fenomena mulai terdeteksi muncul dalam waktu sepekan terakhir. Hal itu seperti diungkapkan oleh Humas TNBTS, Sarif. Ia menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan bahwa dalam lima hari terakhir telah muncul fenomena tersebut di kawasan TNBTS. 

"Beberapa lokasi memang sudah terjadi fenomena tersebut seperti di Ranu Pani, Cemoro Lawang, hingha kawasan Penanjakan," terangnya. 

2. Suhu lebih rendah dari biasanya

Kemarau, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Alami Fenomena FrozenDok/ TNBTS

Selama sepekan terakhir, suhu dikawasan TNBTS memang mengalami perubahan cukup signifikan. Saat ini suhu rata-rata berada di bawah 10° celcius. Bahkan di saat-saat tertentu suhu nyaris mendekati 0°. Sehingga hal itu menyebabkan lingkungan disekitar kawasan TNBTS cukup terpengaruh. 

"Suhu siang hari di kawasan tersebut kisaran 10-12° Celsius. Tetapi kalau malam hari bisa mencapai 2-8° Celsius. Bahkan untuk kawasan Penanjakan pada malam hari bisa mencapai 0° Celsius," tambahnya. 

3. Fenomena tiap kemarau

Kemarau, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Alami Fenomena FrozenDok/ TNBTS

Lebih jauh, Sarif mengakui bahwa fenomena tersebut memang kerap terjadi saat kemarau. Hal itu dikarenakan perubahan suhu yang menjadi lebih dingin saat kemarau. 

"Memang benar fenomena ini terjadi setiap musim kemarau," imbuhnya. 

Baca Juga: Sempat Ditutup, Jalur Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka 

4. Masih akan terus terjadi

Kemarau, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Alami Fenomena FrozenDok/ TNBTS

Tak hanya itu, fenomena tersebut diprediksi masih akan terus terjadi. Apalagi saat ini musim kemarau masih terus berjalan. Sehingga hal itu masih akan tetap mempengaruhi cuaca maupun suhu yang ada di sekitar kawasan TNBTS. 

Baca Juga: Status Gunung Bromo Masih Waspada, Emil Imbau Warga Tak Mendekat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya