Hari Raya Kasada, Wisata Bromo Ditutup Total

Penutupan dilakukan selama dua hari

Malang, IDN Times - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyampaikan pengumuman bahwa kawasan wisata Gunung Bromo, akan ditutup total saat peringatan Hari Raya Yadnya Kasada pada 15 Juni 2022. Penutupan tersebut didasarkan pada hasil pertemuan dengan para sesepuh Suku Tengger mengenai perayaan hari besar agama Hindu tersebut. 

1. Penutupan dilakukan selama dua hari

Hari Raya Kasada, Wisata Bromo Ditutup TotalIDN Times/Reza Iqbal

Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani menyampaikan bahwa penutupan kawasan Bromo Tengger Semeru tersebut dilakukan mulai pukul 07.00 WIB pada tanggal 15 Juni hingga pukul 15.00 WIB pada 16 Juni 2022. Penutupan dilakukan untuk segala jenis aktivitas pariwisata di sekitar kawasan Bromo. 


"Sesuai kesepakatan, penutupan ini dalam rangka pelaksanaan rangkaian upacara ritual Yadna Kasada tahun 2022," katanya Sabtu (4/6/2022). 

2. Penutupan dilakukan di semua pintu masuk

Hari Raya Kasada, Wisata Bromo Ditutup TotalKawasan wisata gunung Bromo. IDN Times/Reza

Penutupan sendiri dilakukan pada empat titik pintu masuk menuju Bromo mulai dari Desa Ngadisari, Probolinggo,  Desa Wonokitri, Pasuruan, Jemplang, Kabupaten Malang dan Lumajang. Hal itu sesuai dengan surat pemberitahuan yang dikeluarkan BB TNBTS nomor PG.357/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/6/2022.


"Ini adalah hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger. Disepakati bahwa kawasan wisata ditutup sementara," imbuhnya. 

3. Minta wisatawan bisa memahami

Hari Raya Kasada, Wisata Bromo Ditutup TotalIDN Times/Reza Iqbal

Penutupan kawasan wisata Bromo tersebut itu juga memperhatikan surat dari Ketua Paruman Dukun Pandita Kawasan Tengger Nomor 077/Perm/PDP-Tengger/V/2022 yang disampaikan pada 17 Mei 2022. Isi surat adalah terkait perayaan hari raya Yadna Kasada. Untuk itu, demi kelancaran perayaan tersebut, wisata Bromo ditutup sementara. 

 

"Pemberitahuan ini diharapkan jadi perhatian bagi wisatawan yang hendak berkunjung," pungkasnya. 
 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya