Cegah Penyebaran Corona, Menkes: Penjagaan Ketat di 132 Pintu Masuk

Minta masyarakat jaga pola hidup sehat

Malang, IDN Times - Sampai sekarang virus Corona masih belum bisa diatasi. Penyebarannya justru makin meluas. Terbaru, pemerintah Arab Saudi untuk sementara menutup akses umrah hingga waktu yang belum ditentukan.

1. Penjagaan gerbang masuk merata meliputi darat, laut, udara

Cegah Penyebaran Corona, Menkes: Penjagaan Ketat di 132 Pintu MasukTerawan Agus Putranto bersama jajaran petinggi Universitas Brawijaya. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, Indonesia memang menjadi salah satu negara yang belum terpapar Covid-19. Saat ini, pemerintah terus berupaya melakukan pencegahan.

"Pencegahan Covid-19 ini terus dilakukan. Salah satunya dengan menerapkan penjagaan ketat di 132 pintu masuk baik darat, laut, udara," jelas Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat menghadiri agenda di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jumat (28/2).

2. Terus menggalakkan hidup sehat

Cegah Penyebaran Corona, Menkes: Penjagaan Ketat di 132 Pintu MasukKemenkes berfoto bersama Rektor Universitas Brawijaya. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain melakukan antisipasi dari luar, Kemenkes juga menyiapkan program untuk pencegahan dari dalam. Salah satunya adalah dengan menggalakkan hidup sehat. 

"Kami mengimbau masyarakat untuk bisa hidup lebih sehat. Paling tidak selalu cuci tangan sebelum makan. Juga rutin berolahraga untuk pencegahan," tambahnya. 

Baca Juga: Biro Umrah di Malang Janji Tak Akan Lepas Tanggung Jawab ke Jemaah

3. Hormati keputusan Arab Saudi

Cegah Penyebaran Corona, Menkes: Penjagaan Ketat di 132 Pintu MasukTerawan menyebut untuk meyakinkanndunia luar harus berdasar data. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Terawan menilai bahwa tak perlu mengalami ketakutan berlebihan. Antisipasi memang tetap harus dilakukan, tetapi menurutnya tak perlu berlebihan. Hal itu merespons beberapa kebijakan negara luar yang begitu ketakutan dengan wabah virus Corona. Salah satunya Arab Saudi yang mengeluarkan kebijakan larangan sementara untuk ibadah umrah. 

"Itu mungkin sudah menjadi kebijakan pemerintah sana (Arab Saudi). Jadi semuanya harus tetap menghormati dan jangan membuat benturan antar pemerintah," sambungnya. 

4. Buktikan bahwa Indonesia sehat

Cegah Penyebaran Corona, Menkes: Penjagaan Ketat di 132 Pintu MasukMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Terlepas dari itu, Terawan mengakui bahwa ini merupakan tantangan bagi Indonesia. Terutama untuk membuktikan bahwa memang Indonesia sehat dan tidak terpapar virus Corona. 

"Sekarang untuk membuktikan bahwa Indonesia sehat tentu dengan data. Termasuk untuk masyarakat Indonesia yang hendak menjalankan ibadah umrah," pungkasya. 

Baca Juga: Cegah Corona, Pemkab Malang Kirim Bantuan 50 Masker ke Luar Negeri

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya