12 Ribu Nakes di Kota Malang Siap Terima Vaksinasi Keempat 

Untuk antisipasi kenaikan kasus COVID-19

Malang, IDN Times - Sebanyak 12 ribu tenaga kesehatan (Nakes) di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang akan menerima vaksin booster kedua atau vaksin keempat. Pemberian vaksin booster kedua itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus COVID-19. 

1. Distribusi tunggu jadwal

12 Ribu Nakes di Kota Malang Siap Terima Vaksinasi Keempat Ilustrasi vaksin (Dok. ANTARA FOTO)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan bahwa saat ini tercatat ada 12 ribu nakes di seluruh Kota Malang yang siap menerima booster kedua. Proses pemberian booster kedua kepada para nakes sedang dijadwalkan sekaligus juga menunggu kiriman viral vaksin. 

"Saat ini kami masih menunggu distribusi vaksin dari Pemprov Jatim," katanya, Kamis (4/8/2022). 

3. Booster kedua sesuai perintah Kemenkes

12 Ribu Nakes di Kota Malang Siap Terima Vaksinasi Keempat Vaksin COVID-19 Sinovac. Dok. IDN Times/bt

Lebih jauh, Husnul menyebut bahwa pemberian dosis keempat atau booster kedua ini sudah sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 28 Juli 2022. Pemberian booster kedua dilakukan karena belakangan kasus COVID-19 kembali muncul meskipun lebih terkendali. 

"Booster kedua diberikan kepada nakes. Totalnya seperti yang sudah disampaikan yakni 12 ribu," imbuhnya. 

Baca Juga: Nakes di Surabaya Siap-siap Vaksin Booster Kedua

3. Kota Malang juga kejar percepatan booster pertama

12 Ribu Nakes di Kota Malang Siap Terima Vaksinasi Keempat Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain menyiapkan untuk booster kedua, Dinkes Kota Malang juga tengah mengejar percepatan booster pertama. Saat ini capaian vaksin booster di Kota Malang baru diangkat 43 persen. Untuk itu, sisa viral vaksin yang tersedia di Dinkes Kota Malang sebanyak 46 ribu bakal dimaksimalkan untuk percepatan booster pertama. 

"Ada tiga vaksin yakni Sinovac, Pfizer dan Astrazeneca. Target kami minimal 70 persen masyarakat sudah tervaksin booster tahun ini," sambungnya. 

Untuk mempercepat capaian vaksin booster, Dinkes Kota Malang menyediakan layanan ini di seluruh fasilitaskesehatan. Tercatat sebanyak 81 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) sebagai tempat pelayanan vaksinasi. Rinciannya adalah 16 puskesmas, 20 rumah sakit dan 45 klinik.

Baca Juga: BPOM Izinkan Booster Anak Usia 16-18 Tahun, Gunakan Vaksin Comirnaty  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya