Senyum Malu-malu Anies untuk Cawapres dari Jatim

Wah makin dekat nih kayaknya

Malang, IDN Times - Siapa nama pendamping Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Partai NasDem, Anies Baswedan masih jadi tanda tanya. Hingga saat ini, Koalisi Perubahan yang mengusung Anies belum menyebut siapa pendamping mantan Gubernur Jakarta tersebut di Pilpres 2024. Namun, sosok Bacawapres untuk Anies Baswedan mulai mengerucut pada beberapa sosok. Dua nama yang mencuat dalam bursa Cawapres Anies adalah Putri Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Saat menonton pergelaran wayang kulit di Dusun Bodean Putuk, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang pada Rabu (9/8/2023) malam, media kembali menanyakan tentang dua sosok itu. Bukan jawaban, Anies yang baru saja menonton wayang memilih melempar senyum. 

"Nanti ya, nanti pasti akan diumumkan. Tunggu saja nanti (siapa Bacawapres)," terangnya singkat.

Wacana tentang Cawapres dari sosok di Jatim sendiri muncul saat ia mengunjungi Pondok Pesantren Riyatul Husnan Wringin Bondowoso pada Rabu (8/8/2023). Ia melontarkan kalau salah satu syarat mendampingi dirinya adalah orang Jawa Timur.

"Kalau untuk Cawapres bisa jadi dari Jawa Timur. Tapi kita lihat nanti ke depannya. Kalau sudah waktunya akan kita umumkan," ucapnya. Keduanya merupakan sosok berpengaruh di Jawa Timur karena sama-sama memiliki basis pendukung Nahdlatul Ulama (NU).

Khofifah sendiri tak pernah mau menyinggung soal keikutsertaannya dalam Pilpres 2024. Tak terhitung ia diberondong pertanyaan oleh media tentang hal tersebut. Jawabannya sama, "Aku mau fokus kerja dulu," kata Khofifah. 

Beda dengan Khofifah, Yenny lebih terbuka. Ia mengaku siap bila ia diminta menjadi bakal cawapres dari salah satu capres. Khusus dengan Anies, Yenny menyebut punya kedekatan khusus. 

"Karena ketika Pak Anies dulu masih menjabat sebagai rektor di Universitas Paramadina, Beliau menawari saya. Saat itu saya baru pulang dari Amerika untuk mengambil program master," ungkap Yenny. 

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tampaknya juga belum memberi clue terkait siapa yang akan mendampingi Anies. Menurutnya Partai NasDem sudah menjadi yang pertama mengumumkan Bacawapres, jadi bisa jadi mereka akan mengumumkan saat detik-detik terakhir terkait Bacawapres.

Pendaftaran Capres dan Cawapres sendiri akan dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 19 Oktober 2023 sampai 25 November 2023. Masih tersisa 3 bulan sampai batas akhir pendaftaran. Oleh karena itu mereka masih menggodok sosok yang tepat sebagai Bacawapres.

"Sabar, kita minta bersabar terlebih dahulu. Nanti pasti akan diumumkan," pungkasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan:  Wayang Kulit Harus Punya Regenerasi Penonton

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya