Cerita Teman, Hacker Bjorka Madiun Dikenal Gaptek 

Disebut gaptek

Madiun, IDN Times - Muhammad Agung Hidayatullah (21) tersangka hacker Bjorka asal Madiun dikenal sebagai pemuda yang tidak neko - neko. Bahkan, aktivitasnya di dunia maya diketahui lebih banyak untuk bermain game online

"Paling hanya nge-game Mobile Legends. Ia juga terlihat gaptek (gagap teknologi), saat saya minta menyeting HP tidak bisa," ujar Zani Dwi Hartanto, rekan Agung berjualan es di kawasan Pasar Dagangan, Kabupaten Madiun, Jumat (26/9/2022).

1. Rekannya kaget dengan keterlibatan Agung

Cerita Teman, Hacker Bjorka Madiun Dikenal Gaptek Ilustrasi hacker

Agung juga diketahui tidak pernah mengoperasikan komputer. Sebab, piranti itu tidak dia miliki. Di kediamannya di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, ini juga tidak terkoneksi layanan internet berjaringan. 

Oleh karena itu, Zani merasa kaget ketika mendengar informasi tentang penangkapan Agung oleh Tim Cyber Mabes Polri, Rabu (14/9/2022) petang. Ia tidak mempercayai, kawannya masuk dalam jaringan hacker Bjorka yang tengah diburu pemerintah.

Baca Juga: Tersangka Bjorka, Pemuda Madiun Dipulangkan Langsung Tidur

2. Akun WhatsApp Agung tidak dapat diakses sepekan lalu

Cerita Teman, Hacker Bjorka Madiun Dikenal Gaptek ilustrasi hacker

Sebelum penangkapan itu, Zani menyatakan bahwa Agung sempat mengeluhkan tentang akun WhatsApp (WA) -nya yang tidak dapat diakses. Gejalanya, setiap kali hendak login selalu keluar. Oleh karena itu, ia menjual handphone dan membeli yang baru. 

"Seminggu lalu, dia mengeluh WA-nya tidak bisa dibuka, keluar - keluar terus. Mungkin, karena WA-nya di-hack itu dia merasa tidak aman lalu HP lama dijual dan beli lagi," Zani menjelaskan.

3. Handphone Agung ditahan polisi

Cerita Teman, Hacker Bjorka Madiun Dikenal Gaptek Hacker Bjorka.Google

Suprihatin (48), ibu kandung Agung menyatakan bahwa handphone milik anaknya masih diamankan polisi di Mabes Polri. Hal ini diketahui setelah Agung pulang dari Jakarta untuk diperiksa Tim Cyber Polri karena diduga sebagai anggota hacker Bjorka.

"HP belum dikembalikan, masih di Jakarta sana," ujar dia saat ditemui sejumlah jurnalis di rumahnya.

Baca Juga: Pemuda Madiun Ancam Sebar Data Pribadi Presiden Jokowi di Akun Bjorka

Nofika Dian Nugroho Photo Community Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya