Comscore Tracker

Di Surabaya, Presiden Jokowi Serahkan BLT Minyak Goreng

Warga senang Jokowi datang

Surabaya, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja di Surabaya, Rabu (20/4/2022). Kedatangan Jokowi itu adalah untuk membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada pedagang di Pasar Tambakrejo, Surabaya.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi didampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

1. Warga senang menerima bantuan dari Jokowi

Di Surabaya, Presiden Jokowi Serahkan BLT Minyak GorengJokowi menemukan harga minyak goreng di sejumlah pasar di Yogyakarta tinggi, atau melebihi harga eceran tertinggi (HET). (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Salah satu warga yang mendapat bantuan adalah Fatima, dirinya senang mendapat bantuan. Apalagi, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Alhamdulilah dapat bantuan langsung dari Pak Jokowi. Saya sempat terharu, Uangnya jangan buat hp. Digunakan untuk makan,” katanya. Selain mendapat bantuan uang tunai, dirinya juga mendapat bantuan sembako.

Baca Juga: Minyak Goreng Digarong, Jokowi: Usut Tuntas!

2. 100 orang pedagang pasar mendapat bantuan

Di Surabaya, Presiden Jokowi Serahkan BLT Minyak GorengPedagang pasar Tambakrejo mendapatkan BLT minyak goreng dari Jokowi. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Sementara itu, Dirjen Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial (Dirjen Linjamansos), Pepen Nazaruddin mengatakan, dalam kegiatan pembagian BLT minyak goreng ini, Preesiden membagikan bantuan kepada 100 orang pedagang pasar.

"Hari ini 100 orang, untuk simbolisnya 10 orang. Karena Surabaya realisasinya sudah tinggi," ujar Pepen.

Presiden menyerahkan BLT minyak goreng dalam bentuk uang tunai  sebesar Rp 300 ribu per orang. Bantuan minyak goreng tersebut dari Bulan April, Mei hingga Juni.

"Disamping itu, juga diberikan bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) tahap 2 dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunia) di bulan April," tururnya.

3. Penyaluran bantuan ditarget rampung sebelum Lebaran

Di Surabaya, Presiden Jokowi Serahkan BLT Minyak GorengIlustasi minyak goreng di pasaran (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pepen menyebut, Presiden menargetkan penyaluran bantuan sosial dari pemerintah rampung sebelum Lebaran 2022. Realisasinya, untuk Kota Surabaya kini sudah mencapai 91 persen.

"Jadi alhamdulillah, karena instruksi bapak presiden sebelum Lebaran harus tuntas untuk pembayaran minyak goreng. Surabaya sebanyak 56.372 orang itu jumlah penerima, sekarang sudah 91 persen," pungkas Pepen.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Balikpapan, Nur Aini : Pak Jokowi Tolong Saya!  

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya