Comscore Tracker

Gemas! Lansia di Surabaya Dibawa Pakai Odong-odong Agar Mau Vaksinasi

Setelah disuntik mereka keliling dengan odong-odong

Surabaya, IDN Times - Berbagai upaya dilakukan agar target vaksinasi lansia dapat terpenuhi. Salah satunya dengan memanfaatkan wahana permainan anak-anak, yaitu odong-odong untuk menarik perhatian para lansia dan membawa mereka ke lokasi vaksinasi.

1. Awalnya Dinkes Surabaya berniat jemput bola vaksinasi lansia

Gemas! Lansia di Surabaya Dibawa Pakai Odong-odong Agar Mau VaksinasiSejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachamanita menceritakan, awalnya pihaknya berniat untuk jemput bola para lansia yang belum vaksinasi. Petugas Puskesmas pun mendatangi kampung-kampung di mana masih ada lansia yang belum divaksinasi.

"Ini upaya yang kami lakukan agar seluruh lansia mendapatkan vaksin. Jangan ada yang tertinggal,” ujar Fenny, sapaan akrab Febria, Senin (12/4/2021).

2. Odong-odong digunakan untuk menarik perhatian lansia

Gemas! Lansia di Surabaya Dibawa Pakai Odong-odong Agar Mau VaksinasiPara lansia yang diangkut odong-odong untuk vaksinasi. Dok Humas Pemkot Surabaya

Hingga akhirnya mereka mendatangi RW 05 Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal. Ketika petugas meminta agar lansia dikumpulkan dalam satu lokasi di Balai RW, para Ketua RT pun berembuk mencari cara agar para lansia bersedia mereka ajak. Mereka pun terpikir untuk menggunakan odong-odong.

"Pada waktu itu kami mencari cara bagaimana caranya agar lansia mau divaksin. Alhamdulillah ketua RT 1-5 mencari alternatif dan ketemu lah cara itu. Ternyata tidak disangka mereka (lansia) berkenan vaksin dan akhirnya setelah itu mereka keliling-keliling,” tutur Fenny.

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Menipis, Menkes Atur Prioritas Vaksinasi untuk Lansia

3. Setelah suntuk lansia diajak jalan-jalan menggunakan odong-odong

Gemas! Lansia di Surabaya Dibawa Pakai Odong-odong Agar Mau VaksinasiPara lansia yang diangkut odong-odong untuk vaksinasi. Dok Humas Pemkot Surabaya

Para rombongan lansia yang diangkut dengan odong-odong ini pun menjadi pemandangan yang menyenangkan. Setelah divaksinasi, tak lupa mereka diajak jalan-jalan berkeliling sekitar Surabaya Barat dengan odong-odong untuk menyenangkan hati mereka.

“Gotong-royong yang sangat luar biasa. Harapan kami ini terjadi di semua wilayah yang terdapat lansia belum divaksin ya. Karena kan RT/RW lebih mengerti apa yang menjadi kesukaan warganya,” ungkapnya.

Baca Juga: Dalai Lama Vaksinasi COVID-19, Imbau Lainnya untuk Vaksinasi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya