Comscore Tracker

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!

Yang sopan ya, jangan sembarangan!

Menginap di rumah teman saat liburan atau akhir pekan tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika teman tersebut adalah teman akrab. Dengan menginap di rumah teman, kita dapat menghabiskan waktu lebih lama bersama teman dan menikmati suasana yang berbeda dengan hari-hari biasanya saat di rumah.

Namun, meskipun menginap di rumah teman baik yang sudah lama kita kenal, kita juga tetap harus menerapkan etika agar dapat membuat teman tetap merasa nyaman. Berikut 8 etika yang harus kamu perhatikan ketika menginap di rumah teman!

1. Beramah-tamah dengan keluarga teman

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi ramah dengan keluarga teman (Freepik/drazenzigic)

Saat kamu menginap di rumah teman yang tinggal bersama keluarganya, maka perlu diingat bahwa kamu juga harus bersikap baik pada mereka. Jangan sampai kehadiranmu di rumah temanmu malah membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Cobalah untuk beramah-tamah terhadap keluarga temanmu dengan menyapa mereka. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan hanya mengatakan hal-hal yang baik pada mereka.

Baca Juga: 5 Etika Bertamu yang Wajib Diterapkan, Kamu Harus Sopan!

2. Mencuci piring atau gelas setelah menggunakannya

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi mencuci piring (Freepik/Freepik)

Menerima tawaran makan bersama dari keluarga teman adalah hal yang harus kamu lakukan saat menginap di rumahnya. Namun, jangan lupa untuk ikut membantu membereskan dan mencuci piring serta gelas setelah menggunakannya.

Meskipun banyak orang bilang bahwa tamu adalah raja, namun sikap sopan santun adalah hal yang utama. Tunjukkan bahwa kamu menghargai kebaikan temanmu dan keluarganya terhadapmu.

3. Jangan bangun kesiangan

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi bangun pagi (Freepik/Tirachardz)

Etika ketiga yang harus kamu ikuti ketika menginap di rumah teman adalah dengan tidak bangun kesiangan. Akan lebih baik jika kamu bangun lebih pagi dari tuan rumah.

Setelah bangun, bantulah tuan rumah untuk membereskan rumah atau menyiapkan sarapan pagi. Jangan lupa untuk membereskan tempat tidur ketika kamu sudah bangun.

4. Tidak membuat gaduh

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi tidak gaduh (Freepik/gpoinstudio)

Ketika menginap di rumah teman, kamu juga harus mampu menjaga kenyamanan penghuni rumah tersebut. Jangan sampai ribut atau membuat kegaduhan.

Apalagi saat jam-jam istirahat atau jam tidur, berusahalah untuk tenang agar tuan rumah tidak terganggu. Meskipun mungkin jam istirahat mereka berbeda denganmu, namun hormatilah tuan rumah dengan tidak mengganggu istirahat mereka.

5. Tidak memasuki ruangan lain sembarangan

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi melihat ruangan (Freepik/andreas)

Akan sangat tidak sopan bila kamu mencoba melihat-lihat ruangan lain yang ada di rumah tersebut tanpa izin pemilik rumah. Meskipun ruangan tersebut bukanlah ruangan pribadi, sebaiknya kamu tidak memasukinya.

Hal tersebut bisa membuat pemilik rumah tersinggung jika kamu ketahuan telah memasuki ruangan lain. Apalagi jika ternyata ruangan yang kamu masuki adalah ruangan pribadi, maka tuan rumah tentu akan kapok mengundangmu kembali ke rumahnya.

6. Ikut menjaga kebersihan rumah

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi mengembalikan barang (Freepik/Kostikova)

Sebagai tamu, sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan keadaan rumah yang kamu singgahi. Karena itu, ikutlah menjaga kebersihan dan kerapian rumah temanmu.

Kembalikan barang-barang ke tempat semula jika kamu telah selesai memakainya. Ikutlah menyapu atau merapikan rumah serta buanglah sampah pada tempatnya. Selain akan membuatmu nyaman, hal tersebut juga dapat menyenangkan tuan rumah.

7. Ikuti aturan yang ada di rumah temanmu

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi menonton film (Freepik/tirachardz)

Menginap di rumah teman sama dengan kamu menjadi bagian dari anggota rumah tersebut, sehingga kamu juga harus mengikuti peraturan yang ada di dalam rumah itu.

Jangan keluar malam hari jika tidak diajak temanmu dan jangan berbuat semaumu. Pastikan bahwa apa yang kamu lakukan tidak mengganggu dan tidak menyalahi peraturan yang ada di rumah tersebut. 

8. Berpamitan saat pulang

8 Etika Menginap di Rumah Teman, Terapkan Yuk!Ilustrasi berpamitan (Freepik/pch.vector)

Kamu datang ke rumah temanmu dengan baik-baik, maka saat kamu pergi pun harus dengan cara yang baik pula. Saat akan pulang, berpamitanlah kepada temanmu dan keluarganya.

Sebagai tamu, kamu harus mampu menghargai tuan rumah. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka karena telah diizinkan menginap di rumah tersebut.

Sopan santun dan etika adalah hal utama yang menjadi penilaian orang lain terhadapmu. Jadi, jangan lupa untuk menghargai orang lain dengan menerapkan etika di atas agar orang lain juga menghargaimu.

Baca Juga: 7 Tips Menitipkan Rumah pada Tetangga, Aman dan Sopan!

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya