Comscore Tracker

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan Novelnya

Dua versi yang banyak perbedaannya...

Sejak poster serial Little Women dirilis dengan menampilkan tiga kakak beradik perempuan, orang-orang sudah dapat menduga bahwa cerita ini diadaptasi dari novel klasik terkenal karya Louisa May Alcott. Sebelum ini, novel tersebut sudah banyak diangkat di berbagai karya hiburan lain. Yang terbaru adalah film Little Women yang disutradari oleh Greta Gerwig pada 2019 lalu. 

Namun yang tidak bisa ditebak oleh penonton adalah, Little Women versi drama Korea dengan versi novel maupun filmnya memiliki banyak perbedaan. Meski latar keluarga dan karakter tokohnya masih sama, namun drakor Little Women memiliki latar waktu, tempat, genre dan konflik yang berbeda. Ini dia 7 perbedaannya.

 1. Jalan cerita yang berbeda

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaCuplikan Little Women versi film dan drakor. (Berbagai)

Jika kamu mengikuti novel aslinya maupun filmnya, kamu tetap tidak akan kecewa menonton versi drama koreanya. Pasalnya, versi Korea memiliki jalan cerita yang berbeda. Jika versi bukunya berlatar pada tahun 1868, versi serialnya berlatar saat ini zaman modern.

Versi novel bercerita tentang kehidupan empat saudari dan perjalanan mereka dari masa kecil menuju dewasa. Namun di versi drakor bercerita tentang tentang kehidupan tiga saudari dan perjalanan mereka dalam menghadapi kemiskinan, begitu juga masalah pribadi masing-masing. 

Meski begitu, benang merah keduanya sama. Yakni kisah tentang para saudari dalam keluarga yang menghadapi kemiskinan.

Baca Juga: 5 Pemicu Konflik Oh Bersaudara di Drakor Little Women, Sesuai Realitas

2. Perbedaan jumlah saudara perempuan

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaPerbedaan jumlah saudari di Little Women. (Berbagai)

Jumlah saudara perempuan dalam kedua versi Little Women berbeda. Jika dalam versi novelnya ada empat, versi drakor hanya ada tiga saudara perempuan. Meski jumlahnya berbeda, karakter ketiga saudari dalam serial ini memiliki kemiripan.

Pertama, kakak tertua Oh In Joo, memiliki kemiripan dengan kakak tertua dari versi buku, yaitu Meg March. Keduanya sama-sama ingin melakukan hal terbaik untuk para adiknya. Kakak kedua, Oh In Hyung, memiliki kemiripan dengan Jo March yang tertarik di bidang penulisan. Bedanya, Oh In Hyung adalah seorang reporter, sedangkan Jo March adalah seorang penulis buku. Si bungsu Oh In Hye, memiliki kemiripan dengan Amy March. Keduanya memiliki bakat dalam bidang seni.

3. Latar waktu dan masalah yang berbeda

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaCuplikan adegan Little Women versi Korea. (ig/netflixkr)

Penulis drama Korea Little Women, Chung Seo Kyung mengungkapkan, bahwa kisah tersebut hadir dari imajinasinya. Saat membaca versi novelnya karya Louisa May Alcott, ia membayangkan seperti di drama ini lah jika saudari itu hidup di Korea dalam zaman modern. Oh In Joo, Oh In Kyung dan Oh In Hye yang selama ini tak pernah memiliki cukup uang, hanya bisa mengandalkan satu sama lain untuk terus hidup. 

Lalu cerita ia kembangkan, bagaimana keluarga seperti Oh Sister ini terseret dalam konspirasi yang melibatkan orang berkuasa serta mengungkap berbagai peristiwa kelam yang selama ini menjadi rahasia. Sama dengan versi novelnya, ketiga saudari ini berasal dari keluarga tidak mampu dan menghadapi situasi yang pelik. 

4. Perbedaan genre

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaCuplikan Little Women versi Korea. (ig/tvn_drama)

Yang paling terlihat dari kedua versi Little Women ini adalah perbedaan genre. Jika dalam novel bergenre drama coming of age, namun di versi drakor bergenre misteri dan thriller. Plot cerita versi Korea lebih menegangkan dan penuh teka-teki. Meski unsur keluarga tetap menjadi pondasi dalam membangun cerita 

Misalnya saja sejak awal cerita, penonton sudah diajak memasuki drama keluarga yang dihadapi Oh In Joo dan kedua adiknya. Mulai dari masalah pekerjaan, uang, hingga hubungan mereka dengan orangtua. Namun semakin cerita berlanjut, Little Women versi drakor menyuguhkan banyak sisi thriller yang membuat penonton penasaran tentang cerita selanjutnya.

Baca Juga: 9 Photoshoot Cast Utama Drakor Little Woman, Bestie Kompak!

5. Cerita misteri bunga anggrek tidak ada di versi novel

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaCuplikan Little Women versi Korea. (ig/tvn_drama)

Karena mengusung genre thriller mystery, dalam drakor Little Women ada sebuah teror melalui medium bunga anggrek biru. Bunga anggrek berjenis epipogium aphyllum ini termasuk langka dan selalu hadir dalam kematian orang-orang dalam saat-saat yang tak terduga.

Bunga ini kerap dipanggil Ghost of Vietnam, Princess, hingga The Orchid of Death, yang kehadirannya seolah menjadi pertanda akan ada kejadian yang tak mengenakkan yang memakan korban jiwa. Hingga enam episode Little Women, bunga anggrek biru masih menyimpan misteri yang belum terjelaskan.

6. Perbedaan isu yang diangkat

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaLittle Women versi film dan Korea. (ig/tvn_drama)

Isu yang diangkat dalam novel dan versi drakornya berbeda. Jika novel Little Women adalah novel klasik mengangkat isu tentang perempuan dan keluarga, serta perjuangan perempuan di masa itu untuk meraih pendidikan dan cita-cita. Namun di versi drakornya mengangkat isu soal pengamatan sosial terkait masyarakat dan kelas ekonomi. Ketiga saudari ini hidup dalam kemiskinan dan sulit beradaptasi dengan lingkungan mereka akibat status sosialnya. 

Hingga pada akhirnya, impian untuk memiliki uang dan hidup sejahtera mengantar kakak beradik ini kepada keputusan yang membahayakan nyawa. Perbedaan mencolok antar kelas ini diperlihatkan melalui hubungan mereka dengan keluarga Park Jae Sang yang kaya raya dan berkuasa. 

7. Pengembangan karakter di versi drakor lebih sulit ditebak

7 Perbedaan Serial Little Women Versi Drakor dengan NovelnyaPark Jae-sang yang diperankan Uhm Ki-joon. (tvn_drama)

Jika di dalam novel aslinya, pembaca diajak menelurusuri karakter keempat kakak beradik ini dari kecil hingga dewasa. Sehingga, setiap keputusan dan pilihan hidup yang mereka buat tak lain dari proses pendewasaan yang ceritanya mengalir begitu saja.

Berbeda dengan versi drakor yang pembangunan karakter sangat mendalam dan berlapis, hingga enam episode ini, penonton masih terus bertanya-tanya tentang karakter asli beberapa tokoh tertentu. Seperti bagaimana posisi Choi Do-il (Wi Ha-joon) berada? Apakah benar ia berada di pihak Oh In Joo? Atau ia memiliki tujuan sendiri selama mendekati Oh In Joo? Belum lagi bagaimanakah hubungan pasangan Park Jae Sang dengan sang istri bisa berakhir manipulatif?

 

7 perbedaan serial Little Women versi Drakor dengan novelnya. Cerita Little Women versi Korea dijamin tidak akan memberikan sedikit peluang bagi penonton untuk bisa menebak alur cerita di setiap episodenya. 

Baca Juga: 5 Tugas Jurnalis Berdasarkan Drakor Little Women, Tertarik?

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya