Comscore Tracker

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Malang Tembus Rp140 Ribu

Diprediksi akan bertahan hingga H+10

Malang, IDN Tines - Harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kebaikan jelang Idul Fitri 1443 Hijriah. Salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga adalah daging sapi. Kenaikan yang terjadi diduga karena tingginya permintaan jelang lebaran. Kenaikan ini pun diperkirakan bakal terjadi hingga lebih dari sepekan.

1. Kenaikan kisaran Rp10 ribu

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Malang Tembus Rp140 RibuIlustrasi daging. IDN Times/Helmi Shemi

Kenaikan yang terjadi salah satunya di Pasar Bunul, Kota Malang. Harga jual daging sapi saat ini per kilogramnya Rp140 ribu. Padahal, sebelumnya harga daging sapi hanya dibanderol Rp130 ribu per kilogramnya. 

"Naiknya saat ini Rp10 ribu per kilogramnya. Mulai terjadi kenaikan dalam beberapa hari terakhir," papar Yusuf, penjual daging sapi di Pasar Besar Kota Malang, Jumat (29/4/2022). 

Yusuf menambahkan bahwa setiap tahun memang sudah menjadi hal lumrah jika terjadi kenaikan harga. Bahkan, kenaikan tersebut bakal terjadi sampai lebaran tiba. Harga biasanya baru kembali normal saat H+10 lebaran atau setelah hari raya ketupat. 

"Memang biasa seperti itu saat mau lebaran pasti naik," imbuhnya. 

2. Kenaikan sudah terjadi sejak awal tahun

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Malang Tembus Rp140 Ribuunsplash/Changyoung Koh

Menurut Yusuf, kenaikan harga daging sapi sebenarnya sudah terjadi sejak akhir bulan Januari. Kenaikan harga dipicu kelangkaan sapi potong di pasaran. Hal itu sesuai dengan info yang disampaikan oleh Himpunan Jagal Sapi Malang. Namun mendekati lebaran, harga kembali naik karena memang permintaan daging sapi meningkat. 

"Harganya bervariasi. Untuk daging kualitas super dijual dengan harga Rp140 ribu, kualitas bisa yang ada ototnya Rp130 ribu dan rawonan Rp120 ribu," sambungnya. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahan Daging Sapi untuk Sajian Lebaran, Bikin Nagih!

3. Penjualan justrus meningkat

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Malang Tembus Rp140 Ribuilustrasi daging sapi (tasteofhome.com)

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Bunul, Kota Malang. Sarprin, salah satu pedagang daging di Pasar Bunul Kota Malang menyebut bahwa harga memang sudah mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun harga mahal, penjualan daging sapi justru mengalami peningkatan.

Saat ini, dalam sehari dirinya mampu menjual 75 kilogram. Padahal sebelumnya dalam sehari maksimal dirinya hanya bisa menjual 10 kilogram. "Tentunya saya bersyukur karena ada peningkatan penjualan. Ini sebagai rezeki mau Lebaran," tandasnya. 

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik Jadi Rp140 Ribu Per Kg

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya