Comscore Tracker

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!

Udara sejuk dan segar bikin auto refresh! 

Siapa sangka, berwisata alam ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita. Selain dapat meningkatkan mood, menikmati panorama indah dengan kesejukan udaranya dapat menghilangkan stres bahkan tingkatkan konsentrasi.

Salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal menyuguhkan destinasi wisata alam yang sangat indah adalah Madiun. Kamu bisa temukan wisata air terjun, waduk, hutan pinus hingga pegunungan yang menyejukkan di sini. Berikut rekomendasi 7 wisata alam terbaik di Madiun. Siap-siap refresh fisik dan mental, nih!

1. Air Terjun Kedung Malem 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Air terjun Kedung Malem (instagram.com/faiz.malik97)

Rekomendasi yang pertama jatuh pada air terjun Kedung Malem. Wisata ini seringkali dikenal juga dengan nama air terjun Seweru, atau air terjun Serondo. Terletak di lereng Gunung Wilis, tak heran jika kawasan air terjun Kedung Malem terasa sangat sejuk, dan suguhkan air yang jernih dan menyegarkan.

Masih sangat alami, kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan di sekeliling air terjun, dengan mendengar kicauan burung dan gemericik air yang menenangkan. Tak hanya itu, penorama dua terjun yang berdampingan dan tidak terlalu tinggi ini biasa menjadi obyek foto favorit para pengunjung ketika berwisata.  

Alamat: Branjang, Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Gratis (Biaya parkir Rp2 ribu).

Baca Juga: 5 Bakso Terenak di Madiun, Pas Banget di Musim Hujan

2. Wisata Alam Pesanggrahan 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Wisata Alam Pesanggarahan (instagram.com/ayodolan)

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada Wisata Alam Pesanggrahan. Sama-sama terletak di lereng Gunung Wilis, wisata alam Pesanggarahan sediakan fasilitas yang lebih beragam. Mulai dari flying fox, area perkemahan, hingga fasilitas trail adventure bisa kamu coba di sini.

Bagi kamu yang hanya ingin menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah pohon yang tersedia. Kamu bisa menikmati panorama pegunungan dan hutan yang lebat dari atas sini.  

Alamat: Jalan Argo Wilis, Gunung, Segulung, Kecamatan. Dagangan, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Gratis.

3. Waduk Kedungbrubus 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Waduk Kedungbrubus (instagram.com/medhioen_ae)

Memiliki akses jalan yang cukup mudah, Waduk Kedungbrubus menjadi rekomendasi selanjutnya yang wajib kamu kunjungi ketika ke Madiun. Datang di kala sore hari, kamu akan disapa dengan keindahan cahaya sunset kemerahan yang memantul ke air dan membuat air waduk seakan ikut kemerahan pula.

Panorama menarik ini akan sangat menyenangkan untuk kamu nikmati bersama orang-orang tersayang.

Alamat: Area Perhutani, Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Gratis.

4. Wana Wisata Grape 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Wana Wisata Grape (instagram.com/visiteastjava)

Wana Wisata Grape menyuguhkan panorama sungai dengan aliran air yang sangat jernih. Tak heran banyak pengunjung yang tak ragu turun untuk bermain air bersama-sama, mengingat kedalaman air yang juga cukup dangkal. Semakin menarik, pengelola juga telah menyediakan fasilitas outbound dan arung jeram di kawasan ini, sehingga wisata kamu akan semakin berkesan.

Tak khawatir kelaparan, kamu akan menemukan dua warung lesehan yang sediakan menu-menu makan dengan cita rasa super nikmat di area wana wisata Grape ini. Aneka olahan ikan mulai dari gurame hingga wader dapat kamu santap sepuasnya.  

Alamat: Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kec. Kare, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Rp3 ribu.

5. Raden Sekar Park 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Raden Sekar Park (facebook.com/Raden Sekar Park Madiun)

Mengusung konsep taman tersembunyi di tengah kota, Raden Sekar Park suguhkan keindahan berbagai jenis bunga yang tumbuh dengan tatanan indah memanjakan mata. Wisata ini juga terkenal dengan atraksi unik rumah hobit, dan adanya kincir angin yang biasa menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

Selain itu, adanya pepohonan hijau di sekeliling area wisata juga membuat udara sekitar lebih asri dan rindang. Dijamin betah berlama-lama deh!

Alamat: Sukorejo, Kradinan, Kec. Dolopo, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Rp5 ribu.

6. Gunung Kendil 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Gunung Kendil (instagram.com/visit_madiun)

Disebut-sebut suguhkan panorama bak Santa Monica Los Angeles, wisata Gunung Kendil sediakan berbagai fasilitas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Kamu akan menemukan tempat perkemahan, area pemancingan, hingga arena balap mobil dan motor di area wisata ini. Cocok bagi para pencinta petualangan, nih!

Tak hanya itu, bagi kamu yang hanya ingin sekedar menghabiskan waktu luang, kamu bisa duduk di gazebo-gazebo yang disediakan, sembari menikmati panorama pegunungan dengan udara yang sangat sejuk sepuasnya.

Alamat: Taman Wisata Gunung Kendil Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun

Harga tiket: Gratis.

7. Hutan Pinus Nongko Ijo 

7 Wisata Alam Terbaik di Madiun, Kaya Nuansa Kesejukan!Hutan Pinus Nongko Ijo (instagram.com/adityapratama.am)

Hutan Pinus Nongko Ijo menjadi salah satu tempat wisata hits yang gak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, tak hanya suguhkan kerindangan pepohonan pinus, Hutan Pinus Nongko Ijo juga sediakan puluhan spot foto kekinian yang bisa mempercantik akun sosial media kamu.

Bagi pencinta kabut, datang setelah turun hujan dapat menjadi pilihan paling tepat karena kamu dapat menikmati kabut tebal dari dekat di wisata Hutan Pinus Nongko Ijo ini.  

Alamat: Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Harga tiket: Rp5 ribu.

Siapa sangka kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pecel ini juga menyimpan banyak wisata alam yang menarik untuk dieksplor. Tunggu apalagi? Langsung ajak teman dan keluarga untuk berwisata alam sekarang juga!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Enak dan Murah di Madiun, Auto Kenyang 

EGYDIA ARTAMEVIA Photo Community Writer EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya