Arema FC Gigit Jari, Gagal Memboyong Vico Duarte

Mirassol pengin pemain 26 tahun ini bertahan di Brazil

Malang, IDN Times - Arema FC harus gigit jari setelah gagal merekrut winger muda asal Brazil, Vinicius Duarte atau akrab dipanggil Vico. Kegagalan ini disampaikan langsung oleh Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. Padahal sang pemain susah sangat diinginkan oleh Singo Edan karena usianya yang masih 26 tahun.

Wiebie menjelaskan jika sang pemain sebelumnya sangat ingin bergabung dengan singo Edan. Namun, timnya saat ini, Mirassol yang berlaga di Serie-B Brazil tidak memberinya izin untuk berlabuh ke Malang.

1. Vico Duarte sebenarnya sudah sepakat untuk bergabung dengan Arema FC

Arema FC Gigit Jari, Gagal Memboyong Vico DuarteManajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. (Twitter/aremafcofficial)

Wiebie mengungkapkan jika rumor yang menyebutkan kalau Vico sendiri yang menolak bergabung dengan Arema FC adalah salah. Justru negosiasi dengan sang pemain berjalan lancar, dan pemain kelahiran Parana ini sudah deal untuk menyusul Gustavo Almeida ke Malang. Namun, harapan Vico harus musnah karena Mirassol tidak memberinya ijin untuk pergi karena masih memiliki kontrak dengan tim yang musim lalu finish di peringkat 5 Serie-B Brazil ini.

"Pelatihnya di sana tidak ingin melepas dia. Padahal dia sudah oke dan pelatih kita juga sudah melihat gaya bermainnya cocok," terang Wiebie saat dikonfirmasi pada Senin (29/05/2023).

Meskipun kecewa, Arema FC tidak ingin berlarut-larut dalam kegagalan merekrut Vico. Mereka mengatakan telah mempersiapkan berbagai kemungkinan untuk menggantikan posisi sang pemain seandainya memang gagal didatangkan. Oleh karena itu, Singo Edan mengatakan sudah mempersiapkan pengganti Vico yang memiliki posisi yang sama, bahkan juga sama-sama berasal dari Brazil. Tapi Wiebie masih merahasiakan siapa pemain tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Arema FC yang Dipinjamkan, Ada yang Mainnya Gacor

2. Arema FC akui tidak mudah mencari pemain kualitas grade A karena persaingan dengan tim lain

Arema FC Gigit Jari, Gagal Memboyong Vico DuartePemain asing baru Arema FC berposisi Center Back, Ichaka Diarra. (Instagram/@diarraichaka222)

Wiebie mengakui jika tidak mudah bagi Arema FC merekrut pemain dengan kualitas grade A untuk Liga 1 Musim 2023/2024. Pasalnya tim-tim lain juga bergerak cepat untuk memenuhi kualitas skuat mereka inginkan. Tidak hanya bersaing dengan tim lokal Indonesia, mereka juga bersaing dengan tim luar negeri.

"Kita mengincar semua pemain grade A, jadi saingannya bukan cuma klub-klub lokal, tapi dengan klub-klub luar (negeri). Bahkan klub dari Liga Brazil juga. Dan mereka (klub Liga Brazil) kebanyakan di atas Arema," bebernya.

Hal tersebut membuat tim-tim dari Indonesia seperti Arema FC harus merogoh kocek lebih dalam untuk menarik minat pemain-pemain asing grade A tersebut. Tapi tak hanya itu saja, jaminan prestasi juga jadi daya tawar tersendiri bagi pemain-pemain tersebut. Sehingga mereka tidak datang jauh-jauh hanya untuk bermain dengan tim medioker.

"Terkait gaji (tinggi) kita siap. Karena bagi kami yang terpenting pemain asing mau bermain yang terbaik untuk Malang," tegasnya.

3. Banyak yang menawarkan pemain asing, tapi baru Gustavo Almeida yang resmi gabung dengan Arema FC sejauh ini

Arema FC Gigit Jari, Gagal Memboyong Vico DuarteStriker anyar Arema FC, Gustavo Almeida saat mengikuti sesi latihan Arema FC. (Dok Media Officer Arema FC)

Bos NZR Group ini mengungkapkan jika ia mendapat banyak tawaran dari agen pemain asing untuk Arema FC. Namun semua tawaran tersebut ia tolak karena kualitas pemain-pemain yang mereka bawa meragukan. Ia menegaskan hanya akan mencari pemain yang memiliki skill di atas rata-rata.

"Memang katanya prosesnya mudah (membeli pemain asing dari agen yang menawarkan), tapi kualitasnya di bawah yang kita incar. Sedangkan kita kan hanya cari yang grade A," paparnya.

Hingga saat ini, baru striker asal Brazil dari tim Al-Nasr Kuwait, Gustavo Almeida, yang gabung dengan Singo Edan. Namun, Wiebie membocorkan akan ada 3 nama pemain asing yang bergabung dengan Arema FC minggu ini. Ia hanya mengungkapkan jika 2 nama tersebut dari Afrika dan 1 dari Brazil.

"Satu pemain dari Mali, satu lagi dari Kamerun, dan satunya Brazil. Lalu apakah ketiganya akan datang bersamaan, kita harus pastikan ke agennya dahulu," pungkasnya.

Baca Juga: Arema FC Pilih Stadion I Wayan Dipta Bali Sebagai Homebase Sementara

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya