Comscore Tracker

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung Tomo

Bonek iso nonton Piala Dunia rek!

Surabaya, IDN Times - PSSI akhirnya menunjuk stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sebagai satu dari enam venue gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021. Selain kapasitasnya yang mencapai 55.000, GBT juga menjadi salah satu stadion termewah di Jawa Timur.  

Stadion yang menjadi markas klub Persebaya ini sebenarnya baru berusia sembilan tahun. Mulai dibangun pada tahun 2008 oleh PT Isoplan, GBT mulai bisa digunakan pada tahun 2010. Sejak diusulkan sebagai salah satu tempat digulirkannya Piala Dunia U-20, Pemkot  dan DPRD Surabaya sepakat untuk menganggarkan dana buat renovasi.

Lantas bagaimana mewahnya stadion kebanggan Arek Suroboyo ini? Yuk intip.

1. Diresmikan oleh Wali Kota Surabaya pada 2010

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo terus dipercantik jelang Piala Dunia U-20 2021. IDN Times/Idfy Fuadi

GBT yang berdiri di atas lahan 100 hektare ini diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Bambang D.H pada 2010. Lantaran menjadi bagian dari megaproyek Surabaya Sport Center (SSC), GBT juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang lain seperti stadion indoor dengan kapasitas 10.000 orang dan lintasan drag race sepanjang 450 meter. Untuk membangun stadion ini dibutuhkan biaya sekitar Rp452 miliar. 

2. Terdapat tiga kelas penonton

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung TomoTribun penonton stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (25/10). IDN Times/Idfy Fuadi

Stadion yang dalam pengerjaannya memakan waktu sekitar dua tahun ini menawarkan fasilitas sesuai dengan kelas penontonnya. Terdapat tiga kelas penonton yaitu Kelas Standar, VIP, dan VVIP

Untuk kelas standar dudukan terbuat dari beton dengan tinggi 48 cm sehingga kaki terasa nyaman saat menonton. Pada kelas ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet. Bahkan, ada resto di lantai 1.

Sementara pada kelas VIP yang memiliki 4.370 kursi tesebar antara lantai 4 sampai 7 di sisi barat. Resto dan toilet juga berada di lantai yang sama sehingga tidak perlu turun ke lantai 1.

Adapun kelas VVIP biasanya digunakan untuk tamu-tamu penting. Berbagai fasilitas dan pelayanan khusus ada di sini sehingga tamu tidak perlu beranjak dari tempat apabila membutuhkan sesuatu.

Baca Juga: Resmi! Gelora Bung Tomo Jadi Venue Piala Dunia U-20

3. Ada 21 pintu masuk

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung TomoPerawatan bagian dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (25/10). IDN Times/ Idfy Fuadi

GBT merupakan stadion dengan sistem keamanan yang ketat. Untuk menunjang keamanannya, antrean penonton akan dibuat mengular dibatasi besi yang kokoh di setiap jalurnya. Para penonton juga harus melalui ruangan screening. Di sini, petugas melakukan pemeriksaan terhadap penonton yang hendak masuk.

Stadion ini dilengkapi 21 pintu masuk dengan dua akses ke tribun pada masing-masing pintunya. Di depan tribun paling bawah terdapat pembatas besi berbentuk “T” setinggi 1,5 meter sehingga aman serta terdapat parit pemisah antara tribun dengan lapangan selebar 3,75 meter yang mengecilkan kemungkinan penonton untuk mengakses area lapangan. Terdapat juga lintasan atletik 400 meter mengelilingi lapangan dengan delapan jalur lari.

3. Gunakan rumput jenis Zoysia Matrella sesuai standar FIFA

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung TomoInstagram.com/officialpersebaya

Rumput yang digunakan di lapangan adalah jenis Zoysia Matrrella yang tergolong elastis dan memiliki akar yang kuat serta tidak licin apabila bersentuhan dengan pul sepatu pemain. Rumput ini merupakan rekomendasi FIFA untuk stadion yang berada di daerah tropis. Berdasarkan penuturan petugas stadion kepada IDN Times, pada musim kemarau dalam seminggu setidaknya dilakukan penyiraman rumput sebanyak dua kali.

Stadion ini juga dilengkapi lampu dengan kecerahan total 1.600 luks, sehingga pertandingan yang diselenggarakan pada malam hari tidak menjadi masalah. GBT juga sudah papan memiliki papan skor elektronik baru.

4. Dapat diakses melalui Benowo atau Romokalisari

Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo tampak dari Jalan Jawar, Surabaya (25/10). IDN TImes/Idfy Fuadi

Untuk menuju ke stadion ini terdapat dua pilihan jalan. Jika penonton menggunakan kendaraan roda dua dapat mengakses stadion ini melalui Jalan Benowo atau Jalan Romokalisari. Namun, jika penonton menggunakan kendaraan roda empat disarankan untuk melewati Tol Surabaya – Gresik dan Keluar di Romokalisari untuk menghindari macet.

Baca Juga: Mengintip Persiapan Gelora Bung Tomo Jelang Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Idfy Fuadi
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya