Hindari Kehadiran Suporter Jakmania, Kepolisian Malang Gelar Razia 

Gelar razia di beberapa titik untuk cegah bentrokan

Malang, IDN Times - Jelang babak final Piala Gubernur Jatim, kepolisian terus meningkatkan keamanan. Tidak hanya di area venue partai final, tetapi juga antisipasi dilakukan sejak area luar Sidoarjo yang merupakan venue final. Salah satunya seperti yang dilakukan Kepolisian Resort Kota Malang Kota. Polresta Malang Kota melakukan razia dan pengecekan di beberapa titik. Hal itu untuk mencegah adanya kelompok suporter Persija yang nekat datang ke Sidoarjo. 

1. Razia perbatasan, terminal hingga stasiun

Hindari Kehadiran Suporter Jakmania, Kepolisian Malang Gelar Razia Polisi melakukan pengecekan di area perbatasan hingga terminal dan stasiun untuk cegah suporter berangkat ke Sidoarjo. Humas Polresta Malang Kota

Tampaknya pihak keamanan tak ingin kejadian di Kota Blitar terulang kembali. Saat itu, sempat terjadi bentrok antara suporter Aremania dan Persebaya. Padahal panpel memastikan laga tersebut tanpa penonton. Situasi yang sama bisa saja terulang. Mengingat laga final mempertemukan antara Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya. Meskipun panpel sudah memastikan tak memberikan kuota untuk Jakmania, tetapi bukan tidak mungkin masih adan suporter Persija yang nekat datang.

"Kami memastikan bahwa tidak ada suporter baik Aremania maupun Jakmania yang berangkat ke Sidoarjo. Maka dari itu kami lakukan pemeriksaan di perbatasan, terminal bus hingga stasiun," papar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kamis (20/2). 

2. Belum temukan suporter yang berangkat

Hindari Kehadiran Suporter Jakmania, Kepolisian Malang Gelar Razia Polisi dan TNI melakukan pemeriksaan di perbatasan Kota Malang untuk cegah suporter berangkat ke Sidoarjo. Humas Polresta Malang Kota

Setelah melakukan sejumlah pemeriksaan, pihak kepolisian belum menemukan adanya suporter Persija yang berangkat ke Sidoarjo. Namun, pihaknya mengakui masih akan memeriksa bebera keberangkatan kereta api hingga bus untuk memastikan semua aman. 

"Sejauh ini belum ada suporter yang berangkat. Tetapi kami akan tetap pastikan semuanya aman," tambahnya. 

3. Sebar 532 anggota untuk buat sekatan

Hindari Kehadiran Suporter Jakmania, Kepolisian Malang Gelar Razia Sekitar 532 personil gabungan disebar untuk melakukan penyekatan agar suporter tak nekat ke Sidoarjo. Humas Polresta Malang Kota

Untuk memastikan semuanya aman, pihak tim gabungan TNI Polri sejumlah 532 diterjunkan untuk melakukan penyekatan. Hal itu untuk menghindari kemungkinan suporter Jakmania berangkat ke Sidoarjo. Sebab, jika hal itu terjadi maka potensi bentrok bisa saja kembali terjadi. 

"Jumlah petugas yang diturunkan sama seperti saat pengamanan semifinal kemarin," sambung Leo. 

4. Satu orang dipulangkan

Hindari Kehadiran Suporter Jakmania, Kepolisian Malang Gelar Razia Suasana di sekitar stadion Soeprijadi Blitar sebelum laga Persebaya vs Arema digelar, Selasa (18/2). IDN Times/Alfi Ramadana

Saat melakukan pemeriksaan, polisi sempat mendapati seorang penumpang membawa atribut Persebaya. Maka dari itu pihak kepolisian langsung sigap meminta yang bersangkutan untuk tidak melanjutkan perjalanan. 

"Kami kembalikan dan yang bersangkutan sudah dipulangkan," tandasnya. 

Baca Juga: Sah! Bukan Surabaya, Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Sidoarjo!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya