Comscore Tracker

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah 8 Besar, Stadion Kanjuruhan Berbenah  

Perbaiki penerangan stadion yang masih kurang

Malang, IDN Times - Babak penyisihan Piala Menpora 2021 hanya menyisakan beberapa pertandingan saja. Empat tim sudah memastikan lolos ke babak 8 besar. Mereka yakni Barito Putera, PSIS Semarang, PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Meski belum selesai semuanya, tetapi proses persiapan babak delapan besar sudah mulai dilakukan. Dua stadion disiapkan menjadi tuan rumah delapan besar, yakni Jalak Harupat dan Kanjuruhan. 

1. Stadion Kanjuruhan siap berbenah

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah 8 Besar, Stadion Kanjuruhan Berbenah  Marko Simic berduel dengan pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini memang belum ada surat resmi dari PT LIB mengenai penunjukkan tersebut, tetapi Ketua Panpel Arema FC,  Abdul Haris menyebut bahwa sudah ada pembicaran secara lisan. Setelah mendengar kabar tersebut, panitia pelaksana pun mulai mempersiapkkan diri. Salah satunya adalah dengan memperbaiki sejumlah fasilitas pendukung gelaran babak delapan besar Piala Menpora 2021. 

"Secara informal memang kami sudah dapat informasi tersebut tetapi memang belum resmi. Untuk itu kami langsung siapkan beberapa perbaikan sesuai permintaan PT LIB," katanya Kamis (1/4/2021). 

2. Pencahayaan jadi fokus perbaikan

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah 8 Besar, Stadion Kanjuruhan Berbenah  Perkenalan skuat Arema FC untuk musim 2020 di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Salah satu poin yang menjadi catatan adalah pencahayaan. Dalam beberapa laga terlihat cukup banyak titik lampu yang padam di stadion Kanjuruhan. Hal itu membuat sebaran cahaya menjadi tidak rata dan menyebabkan beberapa sudut lapangan terlihat lebih gelap. Abdul Haris mencatat setidaknya ada 25 titik lampu yang padam di empat blok lampu yang ada di Stadion Kanjuruhan. 

"Untuk beberapa lampu yang padam dalam beberapa hari ini akan segera diganti. Kami sudah melakukan pemesanan lampu dan saya kira pencahayaan tidak ada masalah," terangnya. 

Baca Juga: Wander Luiz Cemerlang, Persib Bandung Curi Tiga Poin di Kanjuruhan

3. Fasilitas lain sudah memadai

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah 8 Besar, Stadion Kanjuruhan Berbenah  Pemain Persija berselebrasi usai membobol gawang Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pria yang juga menjabat sebagai pengelola UPT Stadion Kanjuruhan itu menyebut bahwa secara fasilitas, stadion kandang Arema FC sudah memenuhi kebutuhan. Penerapan protokol kesehatan di Stadion Kanjuruhan juga berjalan sesuai rencana. Fasilitas pendukung lain seperti ruang ganti hingga tempat untuk transit juga tersedia. 

"Secara umum stadion Kanjuruhan siap untuk babak delapan besar. Hanya lampu saja yang jadi kendala, tetapi dalam tiga hari ini akan segera dilakukan perbaikan," sambungnya. 

4. Babak penyisihan berjalan sesuai aturan

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah 8 Besar, Stadion Kanjuruhan Berbenah  Pemain belakang PSM Makassar memotong bola umpan yang ditujukan pada Guy Junior di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Berdasarkan penyelanggaraan babak penyisihan Piala Menpora 2021, Stadion Kanjuruhan dinilai cukup berhasil. Penerapan protokol kesehatan hingga penyekatan mampu mencegah kehadiran suporter di stadion. Evaluasi selama babak penyisihan juga berjalan sesuai rencana. Klub-klub yang bermain di Stadion Kanjuruhan juga praktis tak ada protes dan cukup puas dengan pelayanan panpel grup B. 

"Semua berjalan dengan baik. Klub-klub peserta juga merasa puas dengan pelayanan," tandasnya. 

Baca Juga: Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan Steril

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya