Comscore Tracker

Bakal Melatih Ronaldinho, RD Berikan Kebebasan Penuh

Mau jadi kiper juga monggoh, sih...

Malang, IDN Times - Bisa menangani pemain besar seperti Ronaldinho tentu bakal menjadi kebanggaan tersendiri. Hal itulah yang diungkapkan oleh pelatih Rans Nusantara, Rahmad Darmawan jelang Trofeo meet the star di Stadion Kanjuruhan, Minggu (26/6/2022). Seperti diketahui, Ronaldinho bakal ambil bagian dalam trofeo tersebut dan bergabung bersama Rans Nusantara. Meskipun hanya sekadar laga hiburan, Rahmad tetap merasa bangga, Ronaldinho bisa bergabung dengan klubnya. 

1. Bakal berikan kebebasan kepada sang bintang

Bakal Melatih Ronaldinho, RD Berikan Kebebasan PenuhPelatih Madura United, Rachmad Darmawan. Instagram/maduraunited.fc

Pelatih yang akrab disapa RD itu menyebut bahwa memang saat ini dirinya belum berkomunikasi langsung dengan Ronaldinho. Tetapi ia menyebut bahwa hal tersebut tak jadi masalah. Dengan reputasi luar biasa yang dimiliki sang bintang, ia meyakini Ronaldinho pasti tahu apa yang harus dilakukan. 

"Tentu sebagai pelatih saya bangga bisa menangani pemain besar seperti Ronaldinho. Kalau sejauh yang saya tahu baik di Timnas Brazil maupun klubnya dulu, Ronaldinho itu bermain di belakang striker. Mungkin itu yang kami siapkan, tetapi kami tetap akan berikan previllage kepada dia (Ronaldinho) untuk main pada posisi manapun yang dia suka. Ini akan jadi pengalaman yang menarik, apalagi jika dia tidak hanya main 10 menit, tetapi minimal 30 menit," katanya Sabtu (25/6/2022). 

2. Harus berbagi konsentrasi

Bakal Melatih Ronaldinho, RD Berikan Kebebasan PenuhBintang sepak bola dunia, Ronaldinho. Instagram/ronaldinho

Meski menyambut positif gelaran trofeo tersebut, RD juga mengakui bahwa dirinya tetap berusaha jeli melihat kondisi timnya. Pasalnya, pada 28 Juni nanti, Rans Nusantara bakal kembali menjalani lanjutan Piala Presiden 2022. Tentu dirinya harus bisa mengatur komposisi pemain agar tidak mengalami kelelahan saat Piala Presiden nanti. RD mengakui bahwa seluruh skuad Rans Nusantara ikut ke Malang untuk trofeo Meet The Star tersebut. Meskipun nantinya tidak semua pemain bisa turun ke lapangan,  kesempatan bertemu dengan Ronaldinho atau sekadar berfoto bakal memberikan kebanggaan sendiri bagi pemain. 

"Kemarin sebenarnya manajemen meminta untuk tidak membawa keseluruhan pemain. Tetapi saya pikir ini adalah kesempatan untuk membangun kebersamaan pemain di luar lapangan," imbuhnya. 

3. Sempat ingin ikut main

Bakal Melatih Ronaldinho, RD Berikan Kebebasan PenuhBintang sepak bola dunia, Ronaldinho saat memperkuat Barcelona. Instagram/ronaldinho

Tak hanya itu saja, RD menyebut bahwa dirinya sempat kepikiran untuk ikut bermain. Terlebih setelah mendengar kabar bahwa pelatih Persik Kediri, Javier Roca juga ingin ikut bermain. Namun ia mengurungkan niat tersebut lantaran Javier Roca tak jadi ikut bermain. Walau demikian, RD menyebut bahwa bisa menangani tim yang di dalamnya ada sosok Ronaldinho saja sudah menjadi kebanggaan tersendiri. 

"Dia datang dan mau bermain bersama dengan jersey yang sama dengan kami saja sudah kebanggaan tersendiri. Sebagai profesional, dia juga pasti punya semangat dan respek yang sama terhadap kami. Tetapi mudah-mudahan besok saya ada kesempatan berfoto sama dia," sambungnya. 

Baca Juga: Meet the Star, Ronaldinho Bakal Hadir di Stadion Kanjuruhan  

4. Kedua kalinya ketemu bintang dunia

Bakal Melatih Ronaldinho, RD Berikan Kebebasan PenuhPemain belakang Rans Cilegon FC membayangi pemain muda Arema FC, Tito Hamzah. Dok/Arema FC

Terlepas dari itu, RD menyebut bahwa ini adalah kesempatan kedua baginya bisa bertemu dan bermain dengan bintang dunia. Sebelumnya pada tahun 2011, RD sempat bertemu dengan David Beckham. Tetapi saat itu, David Beckham tidak berada di tim yang dilatih RD. Ia menyebut bahwa dua momen tersebut sangat luar biasa bagi dirinya. 

"Saya merasa beruntung punya kesempatan menangani Ronaldinho dalam tim. Sama halnya tahun 2011 lalu saat saya menangani tim yang menghadapi David Beckham. Untuk itu, saya meyakini trofeo ini akan sangat menghibur. Karena tidak mudah mendatangkan bintang besar macam Ronaldinho dan lainnya," tandasnya. 

Baca Juga: Ronaldinho Akui Tahu Sepak Bola Indonesia di Launching Jersey RANS

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya