Stadion GBT Bakal Disulap Seperti Anfield di Liverpool

Wani ta?

Surabaya, IDN Times - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan dibuat seperti homebase Liverpool FC, stadion Anfield di kota Liverpool, Inggris. Hal ini disampaikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, di Balai Kota, Rabu (21/6/2023). 

Stadion Anfield masuk sebagai 10 arena terbesar di Inggris. Stadion tersebut bisa menampung 53.394 penonton.

1. Eri akan segera lakukan penandatanganan

Stadion GBT Bakal Disulap Seperti Anfield di LiverpoolPekerja membersihkan bagian tribun penonton di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020) (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Eri mengatakan, pihaknya akan melakukan penandatanganan kerja sama atau MoU terkait rencana tersebut. Sehingga GBT bisa menjadi salah satu sport tourism di Surabaya. 

"Stadion Inggris ada MU (Manchester United), khusus di Liverpool akan saya terapkan di GBT. Dengan MoU dengan sister city. Stadion ini bisa menjadi tempat wisata tourism, bisa berputar di dalam stadion. Ada merchandise, stadion tidak hanya untuk pertandingan," ujar dia. 

Baca Juga: Ayo Fans Timnas Indonesia, Merahkan GBT saat Lawan Palestina!

2. Nantinya orang datang ke Surabaya sama seperti ke Liverpool

Stadion GBT Bakal Disulap Seperti Anfield di LiverpoolStadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya setelah direnovasi. dok. Diskominfo Surabaya.

Nantinya orang yang datang ke Surabaya akan sama seperti datang ke Liverpool, mereka akan berkunjung ke stadion. Apalagi saat ini, GBT merupakan salah satu stadion internasional di Indonesia. 

"GBT sudah termasuk stadion internasional. Maka akan jadi kebangan kota Surabaya," terang Eri. 

3. Masa tugas Dubes berakhir, kerja sama terus berlanjut

Stadion GBT Bakal Disulap Seperti Anfield di LiverpoolFoto udara saat malam hari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. dok. Diskominfo Surabaya.

Eri juga menyampaikan, masa tugas Dubes Owen Jenkins di Indonesia telah berakhir dan akan kembali ke London. Ia pun mengajak Owen untuk mengunjungi beberapa titik di Dolly. 

Saat ini, ada beberapa kolaborasi sister city Surabaya dengan Liverpool di Dolly. Harapane, sister city yang dilakukan Surabaya semuanya bisa dikenal seperti Liverpool. 

"Tidak hanya sister city, tapi ada kerja sama yang bermanfaat untuk masyarakat. Bahkan yang sudah dilakukan Liverpool, kita sudah kirim anak-anak Surabaya ke Liverpool," jelasnya. 

Sementara Owen Jenkins menyampaikan terima kasih atas 4 tahunnya di Indonesia. Ia berharap, kerjasama yang selama ini bisa dilakukan memiliki hasil nyata dan konkret. 

"Saya berharap, walau pun tugas saya di Indoensia hampir selesai bahwa hubungan sangat penting dan hubungan sangat erat ini akan contiue dan akan menjadi lebih erat," Diberi Inggris ini. 

Baca Juga: Stadion GBT Boleh Dipakai Persebaya Lagi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya