Benjamin Dyball Juarai Tour Banyuwangi de Ijen

Ia menyelesaikan lomba 3 jam 49 menit 44 detik

Banyuwangi, IDN Times - Pebalap asal Australia, Benjamin Dyball berhasil memenangkan etape terakhir Tour de Banyuwangi Ijen, Sabtu (29/9). Dikutip dari situs resmi Pemkab Banyuwangi, kemenangan peserta dari tim St George Continental Cycling Team ini sekaligus menahbiskannya  menjadi juara umum. Pada etape keempat ini, berhasil menyisihkan Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) dan peserta asal Perancis, Thomas Lebas (Kinan Cycling Team).

1. Selesaikan balapan selama 3 jam

Benjamin Dyball Juarai Tour Banyuwangi de IjenANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Dyball menguasai ITdBI 2018 dengan catatan waktu total 15 jam 8 menit 7 detik. Berselisih 58 detik dari Ewart dan 1 menit 14 detik dari Lebas. Seperti prediksi sebelumnya, tiga pembalap climber terbaik tersebut bertarung habis-habisan di etape terakhir. Ewart, Lebas, dan Dyball saling menempel sejak 20 kilometer terakhir. Namun, pada 7 km terakhir Dyball meninggalkan Ewart, pesaing terdekatnya, setelah lebih dulu melewati Lebas. “Saya sebenarnya tak berencana attack. Saya hanya fokus pada pace dan ritme saya sendiri,” kata pembalap 29 tahun tersebut

Baca Juga: Etape Pertama Tour de Ijen Dikuasai Pebalap Australia

2. Etape neraka sepanjang 127,7 km

Benjamin Dyball Juarai Tour Banyuwangi de IjenANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Pada etape terakhir ini, para pebalap menempuh rute sepanjang 127,2 kilometer. Jalur ini disebut sebagai yang tersulit pada karena berisi tanjakan. Merka akan memulai balapan dari Desa Sarogan, Pesanggaran menuju lereng gunung Ijen. 

3. Total jarak yang ditempuh selama ajang ini hampir 600 kilometer

Benjamin Dyball Juarai Tour Banyuwangi de IjenHumas Banyuwangi

Tour ini sendiri diikuti oleh puluhan pebalap dari 25 negara. Mereka akan menempuh lintasan sepanjag 599 kilometer sejak 26-29 September 2018. Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa ini merupakan gelaran yang ketujuh. Ia berharap ajang ini semakin meningkatkan kunjungan turis ke Banyuwangi.

Baca Juga: Masuki Tahap Akhir, Begini Serunya Etape II dan III Tour de Ijen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya