Comscore Tracker

Jatim Optimistis Juara Umum di PON XX Papua!

Lainnya minggir dulu lur...!

Surabaya, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang digelar di Papua mulai berjalan. Sejumlah harapan dan target pun dipatok oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) untuk menggasak medali emas, perak maupun perunggu.

1. Targetkan juara umum

Jatim Optimistis Juara Umum di PON XX Papua!Atlet Motocross dari Jawa Timur tengah berlatih menjajal venue di lokasi PON XX Papua. Dok. Tim Sosmed KONI Jatim.

Nah, target yang dipatok KONI Jatim terbilang tinggi dan cukup peracaya diri. Sebab tak sekadar medali saja, Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung menegaskan untuk bisa menjadi juara umum di PON XX Papua.

“Tekadnya harus juara umum dan kita sudah menyiapkan diri selama 4 tahun (melalui puslatda) seperti provinsi lain,” ujarnya, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Atlet Jatim Siap 'Panen' Medali di PON XX Papua

2. Secara hitungan Jatim masih leading

Jatim Optimistis Juara Umum di PON XX Papua!Atlet dayung dari Jawa Timur tengah berlatih menjajal venue di lokasi PON XX Papua. Dok. Tim Sosmed KONI Jatim.

Kepercayaan diri ini, kata Erlangga, merujuk pada peta kekuatan kontingen masing-masing provinsi sebelum pandemik COVID-19. Melalui itu, ia menyebut bahwa atlet-atlet Jatim secara statistik masih bisa unggul. Namun, diakuinya pandemik membuat sejumlah peta menjadi abu-abu.

“Sebelum COVID-19 InsyaAllah Jatim masih leading, namun setelah COVID-19 berbeda. Karena tidak ada yang melakukan puslatda secara optimal," kata dia.

"Kelebihan kita di-backup oleh tim sport science. Jadi semuanya terukur mulai dari fisiknya, psikologinya, gizinya, kesehatannya, sampai biomekanik itu terdata semua. Sehingga, kami masih menganggap kita leading,” Erlangga menambahkan.

3. Prediksi bisa sabet 136 medali emas

Jatim Optimistis Juara Umum di PON XX Papua!Atlet terjun payung dari Jawa Timur tengah berlatih menjajal venue di lokasi PON XX Papua. Dok. Tim Sosmed KONI Jatim.

Lebih lanjut, target juara umum ini tentunya bisa diraih apabila atlet mendapatkan banyak medali emas. Nah, target medali emas Jatim sendiri di PON XX Papua sebanyak 136 medali emas. Beberapa cabang olahraga (cabor) pun menjari andalan.

Yakni seperti panahan, menembak, renang, selam, paralayang, panjat tebing, gulat, aeromodelling, angkat besi, binaraga, voli indoor putra, voli pantai, wushu, tenis lapangan loncat indah, senam, dan atletik.

"Kami memohon doa restu dari masyarakat untuk keselamatan seluruh kontingen Jatim dan doa agar Jatim dapat mewujudkan impian menjadi juara umum," pungkasnya.

Baca Juga: Jatim Targetkan 136 Emas di PON Papua, 15 Cabor Jadi Andalan

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya