Risma Sambangi Korban Banjir di Jombang, Bantu Dua Truk Kasur Lipat

Warga semat berkerumun saat pembagian bantuan

Jombang, IDN Times - Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyambangi korban banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Sabtu (13/2/2021). Risma menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban terdampak banjir, di antaranya kasur lipat, bantal, bahan makanan dan obat-obatan. Berdasarkan data, total bantuan keseluruhan yakni kidsware atau baju anak-anak 50 paket, selimut 300 lembae, kasur lipat 300 lembar, makanan anak 300 kardus.

1. Risma bagikan kasur lipat ke warga

Risma Sambangi Korban Banjir di Jombang, Bantu Dua Truk Kasur LipatMensos Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kasur lipat pengungsi banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Berdasar pantauan IDN Times, tempat yang dikunjungi mantan Wali Kota Surabaya tersebut, yakni pengungsian di Tanggul Sungai Dusun Kedunggabus, Desa Bandarkedungmulyo serta Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Rombongan Risma tiba tempat pengungsian di Tanggul Kalipuro, Desa Bandarkedungmulyo sekitar pukul 14.00 WIB. Risma di dampingi anggota DPR RI Fraksi PDIP Sadarestu dan Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. Setiba di sana, Risma meminta dua kendaraan truk Kemensos yang membawa kasur lipat untuk diturunkan dari mobil dan meminta untuk segera membagikan kepada warga yang terdampak.

"Mana barang-barangnya, turunkan ke sini, dikasihkan ke warga sini," kata Risma kepada petugas di lokasi pengungsian.

Setelah barang-barang itu diturunkan dari kendaraan, Risma kemudian didatangi para pengungsi dan menyerahkan alas tidur tersebut. Tak lama kemudian, perempuan kelahiran Kediri itu bergeser ke korban banjir di Desa Gondangmanis.

2. Risma takut berkerumun

Risma Sambangi Korban Banjir di Jombang, Bantu Dua Truk Kasur LipatMenteri sosial Tri Rismaharini di lokasi pengungsian banjir Bandarkedungmulyo Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Di desa Gondangmanis, Risma dan rombongan disambut puluhan warga terdampak banjir, terutama para ibu-ibu. Banyaknya warga yang mendekat ke Risma pun menyebabkan kerumunan. Di tengah kerumunan itu, Risma membagikan kasur lipat dan susu kepada anak-anak dan bayi yang digendong orang tuanya.

"Aku wedi nginiki (aku takut seperti ini), nanti Corona," Ucap Risma yang bergumam sendiri di tengah kerumunan warga.

Baca Juga: Video Viral, Warga Jombang Gotong Keranda di Tengah Banjir

3. Warga mengaku senang dapat kasur

Risma Sambangi Korban Banjir di Jombang, Bantu Dua Truk Kasur LipatMensos Risma serahkan bantuan korban banjir. IDN Times/Zainul Arifin

Ayu Wulandari (26) warga Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis mengatakan dia mendapat bantuan kasur lipat dan bahan makanan dari Kementerian Sosial. Dia mengaku senang mendapat bantuan itu karena kasurnya di rumah rusak terkena banjir.

"Ini dapat kasur dari kemensos, seneng Pak sangat membantu sekali soalnya kasurnya di rumah rusak kena banjir, hanyut ga bisa diselamatkan. (Selama ini) sudah dapat bantuan makanan anak, susu pampers, bahan makanan pokok beras, gula, minyak,"kata Wulandari yang sempat mengungsi tiga hari.

Baca Juga: 3 Mobil Mewah Menganggur, Risma Ingin Lelang untuk Jadi Bantuan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya