Mendag Bantah Tuduhan Sandiaga Soal Tempe Setipis ATM 

Bisa digesek dong kalau gitu

Surabaya, IDN Times - Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita, membantah bila penurunan nilai tukar rupiah berdampak terhadap ketebalan tempe yang dijual di pasar. Dia juga menyanggah adanya ungkapan dari calon wakil presiden Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang menyebut bila tempe yang beredar di pasar hanya setebal kartu ATM.  

1. Hampir 100 persen kedelai impor dari Amerika Serikat

Mendag Bantah Tuduhan Sandiaga Soal Tempe Setipis ATM IDN Times/Vanny El Rahman

Enggartiasto memang mengakui bila kebutuhan kedelai di Indonesia dipenuhi dengan impor dari luar negeri. "98,3 persen kedelai kita impor dari Amerika Serikat," katanya sebelum membuka Jatim Fair 2018, di Grand City Convex, Surabaya, Selasa (9/10).  

Baca Juga: Sandiaga: Jangan 'Bully' soal Tempe Setipis Kartu ATM

2. Kedelai dibeli impor saat harganya sedang jatuh

Mendag Bantah Tuduhan Sandiaga Soal Tempe Setipis ATM IDN Times/Vanny El Rahman

Kendati begitu, politikus NasDem itu menyampaikan, alasan mengapa kedelai dibeli dari Amerika Serikat adalah karena harganya yang sedang turun. "Mereka (pemerintah Amerika Serikat) mengeluh karena harga kedelai lagi turun. Akhirnya saya bawa importirnya, (saya katakan) 'anda teken dulu'. Nanti setelah diteken baru anda jual. Makanya gak benar cerita katanya tempa setebal kartu kredit," sambutnya.  

3. Enggartiasto langsung melihat ketebalan tempe di pasar

Mendag Bantah Tuduhan Sandiaga Soal Tempe Setipis ATM IDN Times/Vanny El Rahman

Enggartiasto juga meninjau pasar dan menemui para pedagang tempa. Dia ingin tahu apakah benar bahwa tempa yang saat ini dijual setipis kartu ATM atau kredit.  

"Marah itu tukang tahu tempe. Pas saya datang mereka menunjukkan sebesar ini lho pak tebalnya. Harganya tetap malah. Kenapa? Karena harga kedelainya turun dan negara memfasilitas (para pedagang). Jadi kami memanfaatkan kondisi yang seperti itu," beber dia.  
 

Baca Juga: Sandiaga Uno Kaget Jumpai Tempe Sebesar Tablet di Jember

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya