Bantu Korban Palu-Donggala, Unair Kirim 15 Relawan & Bawa Rp175 Juta

Relawan terdiri dari gabungan UKM di Unair

Surabaya, IDN Times - Universitas Airlangga (Unair) mengirim 15 mahasiswa tanggap bencana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, serta Donggala. Para relawan tersebut dilepas oleh Rektor Unair, M. Nasih. 

"Kepedulian terhadap saudara-sudara yang membutukan seperti ini adalah dari proses pembelajaran. Jadi, mahasiswa tidak sekadar mengasah otak saja. Lebih dari itu, mengasah hati dengan peka terhadap kondisi sosial adalah hal utama," kata Nasih kepada para relawan, Minggu (21/10).

Baca Juga: Kerugian Dampak Gempa dan Tsunami di Palu Mencapai Rp13,82 Triliun

1. Relawan diminta menebarkan optimisme kepada para korban

Bantu Korban Palu-Donggala, Unair Kirim 15 Relawan & Bawa Rp175 JutaDok. IDN Times/Istimewa

Nasih berharap, para relawan yang nantinya membantu korban harus bisa menyebarkan semangat dan harapan untuk terus melanjutkan hidup pasca cobaan yang datang.

"Tebar optimisme kepada mereka. Tebar terus harapan bahwa banyak saudara yang peduli dengan kondisi mereka dan harus bisa menjaga diri dalam pengabdian yang optimal," sambung Nasih. .

2. Mahasiswa terdiri dari berbagai elemen

Bantu Korban Palu-Donggala, Unair Kirim 15 Relawan & Bawa Rp175 JutaDok. IDN Times/Istimewa

Tirta Muhammad Rizki, ketua tim relawan, menyampaikan relawan ini merupakan gabungan dari berbagai jurusan dan elemen mahasiswa. Mereka terdiri dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Menwa, Wanala, KSRPMI, Pramuka, serta Badan Eksekutif Mahasiswa.

Mereka akan membantu korban gempa hingga 1 November mendatang. "Setelah sampai di sana tim akan berkoordinasi dengan posko BPBD Jatim. Saat menunggu arahan tim ada planning yaitu team assessment yang mensurvei apa saja yang dibutuhkan di sana dan apa saja yang dapat tim lakukan," beber Tirta.

Nantinya, tim akan dibagi menjadi tiga divisi, yaitu tim trauma healing, tim dapur umum, dan tim logistik. Tim akan fokus pada satu posko.

3. Membawa bantuan total Rp175 juta

Bantu Korban Palu-Donggala, Unair Kirim 15 Relawan & Bawa Rp175 JutaDok. IDN Times/ Istimewa

Selain itu, tim relawan ini juga membawa uang hasil donasi yang sudah terkumpul hingga Rp175 juta. "Semoga para anggota selalu dilindungi oleh Tuhan serta dapat menolong para korban yang menjadi amal baik bagi para anggota," tutup Galuh Teja Sakti selaku Ketua BEM Unair.

Baca Juga: Gempa Palu dan Donggala, Rumah Sakit Terapung UNAIR Kirim Bantuan Medis

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya