Mahasiswi di Malang Mencoba Akhiri Hidup di Kamar Kos

Tindakan korban digagalkan sahabatnya

Malang, IDN Times - Seorang mahasiswi berinisial NL mencoba mengakhiri hidup di dalam kamar kosnya di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Kejadian tersebut berhasil digagalkan dua kawan NL yang berinisial K dan S. Keduanya memergoki NL yang sudah lemas sambil memegang benda tajam sendirian di dalam kamar kos pada Minggu (28/05/2023).

1. Kronologi NL mencoba akhiri hidup di dalam kamar kosnya di Kota Malang

Mahasiswi di Malang Mencoba Akhiri Hidup di Kamar KosNL saat digagalkan melakukan bunuh diri. (Dok Polsek Lowokwaru)

Kejadian ini bermula pada Minggu pagi, kakak NL yang tinggal di luar kota mendapatkan pesan aneh dari adiknya. Melihat pesan tidak wajar NL, sang kakak menghubungi sahabat adiknya yaitu K agar memeriksa kondisi NL. Oleh karena itu, K akhirnya mengajak S untuk menjenguk NL di kamar kosnya di Lowokwaru.

"Pesan NL lewat WhatsApp kepada kakaknya membuat khawatir kedua orangtua NL. Hal ini membuat kakak korban menghubungkan K agar mengecek kondisi NL," terang Kapolsek Lowokwaru, AKP Anton Widodo saat dikonfirmasi pada Senin (29/05/2023).

Sesampainya kedua kawan NL tiba di kos korban sekitar pukul 12.00 WIB, mereka mengetahui pintu kos sudah terkunci dari dalam. Keduanya akhirnya mengambil kunci cadangan yang hanya diketahui ketiga perempuan ini. Alangkah kagetnya kedua kawan NL melihat kondisi sahabatnya ini.

"Korban sudah terduduk di lantai sambil memegang benda tajam di tangan kanan. Sementara tangan kirinya sudah terluka," jelasnya.

Baca Juga: Warga Malang Geger, Ada Pria Melompat dari Jembatan Soehat

2. NL diselamatkan teman-temannya

Mahasiswi di Malang Mencoba Akhiri Hidup di Kamar KosIlustrasi Bunuh Diri. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untungnya, kedua kawan NL datang tepat waktu sebelum korban melakukan hal yang kebih nekat. Keduanya lalu memanggil Polsek Lowokwaru agar NL mendapat penanganan yang tepat.

"Goresan pada tangan kiri tidak membuat luka dalam yang membuat pendarahan. Tapi karena keduanya khawatir, mereka langsung menghubungi kami (Polsek Lowokwaru)," bebernya.

NL kemudian ditenangkan oleh kedua sahabatnya agar tidak berbuat nekat lagi. Mereka melakukan ini sambil menunggu personil Polsek Lowokwaru datang ke lokasi. Mereka juga mengobati luka akibat benda tajam tersebut.

3. Keluarga NL berencana membawa korban ke psikiater untuk penanganan kondisi mentalnya

Mahasiswi di Malang Mencoba Akhiri Hidup di Kamar KosIlustrasi Bunuh Diri. (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah jajaran Polsek Lowokwaru tiba, mereka kemudian menenangkan korban agar tidak gegabah dalam membuat keputusan. Mereka juga menelepon keluarga NL untuk memberitahu kondisi korban. Menurut keterangan Anton, NL akan segera dibawa pulang oleh keluarganya.

"Kalau berdasarkan perbincangan dengan keluarga korban, NL akan dibawa ke psikiater. Tujuannya agar mendapatkan pertolongan lebih cepat terhadap kondisi psikologis korban," tandasnya.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Polisi Ungkap Identitas Pria Melompat dari Jembatan Soehat Malang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya