Satu Pengunjung Tewas, Wisata di Madiun Ini Tingkatkan Keamanan

Mengembuskan nafas terakhir di kolam renang

Madiun,IDN Times - Manajemen Madiun Umbul Square (MUS) bakal meningkatkan keamanan di wahana kolam renang. Jarak Jari-jari pagar berbahan galvanis sebagai pembatas antara kolam dewasa dan anak-anak akan lebih dirapatkan. 

"Kemungkinan, celah pada pagar yang sekarang agak longgar dimasuki seorang anak dan akhirnya tercebur, tenggelam dan meninggal di kolam orang dewasa," kata Direktur MUS, Afri Handoko, Selasa (21/12/2021).

1. Korbannya masih anak - anak

Satu Pengunjung Tewas, Wisata di Madiun Ini Tingkatkan KeamananIlustrasi tenggelam. (Shutterstok)

Perisitiwa itu terjadi pada Senin (20/12/2021) siang. Adapun korbannya berinisial MA (5), siswa lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sedang berwisata bersama rombongan sekolahnya. Kala itu, korban yang sebelumnya diketahui mandi di kolam khusus anak tiba - tiba nyemplung di kolam dewasa.

"Masuk ke kolam yang kedalamannya 1,2 meter. Untuk kedalaman satu kolam dewasa sebenarnya bervariasi, mulai 20 sentimeter sampai 1,2 meter," Afri menjelaskan.

2. Dinilai karena kurangnya perhatian orang dewasa

Satu Pengunjung Tewas, Wisata di Madiun Ini Tingkatkan KeamananMadiun Umbul Square. (instagram.com/madiunumbulsquare.com)

Terceburnya korban di kolam pemandian dinilai karena kurangnya perhatian dari orang dewasa. Ini bisa dari orang tua dan guru pendamping. Juga karena abainya petugas keamanan di kolam. Sebab, saat itu hanya seorang pemantau pemandian yang bekerja.

"Sebenarnya ada dua petugas, tapi yang satu izin untuk mencoblos untuk pilkades," ujar Afri kepada IDN Times.

Baca Juga: Tak Ada Jembatan, Buruh Tani Tenggelam saat Seberangi Sungai di Subang

3. Keluarga korban dinyatakan ikhlas

Satu Pengunjung Tewas, Wisata di Madiun Ini Tingkatkan KeamananPengunjung memberi makan kambing praha di Madiun Umbul Square. www.istagram/madiunumbulsquare

Meski demikian, ia mengungkapkan, pihak manajemen MUS telah menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban. Afri juga mendatangi rumah korban untuk mengucapkan belasungkawa. "Keluarga korban menyadari bahwa kejadian ini suatu musibah," ucap dia.

Sementara itu MUS merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Madiun. Tempat itu menyediakan kolam renang dengan air mengandung belerang. Selain itu, juga tersedia kebun binatang mini. Adapun lokasinya di wilayah Kecamatan Dolopo.

Baca Juga: Diterjang Puting Beliung, SD di Madiun ini Tunda Ujian

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya