Comscore Tracker

Khotbah Jumat di Madiun Usung Tema Pencegahan Virus Corona 

Perlu ikhtiar lahir dan batin

Madiun, IDN Times - Wabah virus corona atau Covid-19 menjadi tema khotbah Jumat di Masjid Quba, kawasan Alun - Alun Caruban, Kabupaten Madiun, Jumat siang tadi (20/3). H.Hasyim, khatib salat Jumat mengatakan, seluruh pihak harus berusaha mencegah dan memutus rantai penularan virus itu.

"Ikhtiar secara lahir, yaitu dengan menjaga kesehatan dan ikhtiar secara batin dengan berdoa kepada Allah," kata dia dalam khotbah pertamanya.

1. Makanan juga perlu diperhatikan

Khotbah Jumat di Madiun Usung Tema Pencegahan Virus Corona Ilustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut dia, upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti seringkali mencuci tangan dengan sabun. Bahkan, perkantoran telah menyediakan wastafel portabel.

 "Kita juga perlu memerhatikan makanan yang dimakan," ujar pria yang saban hari bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun itu.

2. Karpet tidak perlu dipasang untuk sementara waktu

Khotbah Jumat di Madiun Usung Tema Pencegahan Virus Corona Penyemprotan disinfektan di Masjid Quba, kawasan Alun-Alun Caruban, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, sebelum salat Jumat berlangsung, tim dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Quba dan Masjid Gede Al-Arifiyah, Caruban. Kegiatan itu sebagai upaya mencegah bahaya penyebaran Covid-19.

"Setelah disemprot kami berharap untuk tidak memasang karpet dulu. Lantai juga kami minta untuk dipel setiap hari," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Agung Tri Widodo.

Baca Juga: Salat Jumat di Jatim Tetap Digelar, tapi Ada Syarat Khusus

3. Perilaku hidup bersih dan sehat juga perlu ditingkatkan

Khotbah Jumat di Madiun Usung Tema Pencegahan Virus Corona IDN Times/Wira Sanjiwani

Menurut dia, tujuan lain dari penyemprotan disinfektan untuk menghilangkan kekhawatiran warga tertular Covid-19 saat melaksanakan salat Jumat. Apalagi, muncul isu jika ibadah itu menjadi tidak wajib untuk menghindari penularan virus Corona.

"Yang terpenting kita tetap waspada. Salah satunya dengan meningkatkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat," kata Agung.

Baca Juga: Khofifah Bolehkan Salat Jumat, tapi Tidak di Masjid Pemprov

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya