Hari Wuryanto, Bankir yang Jadi Orang Nomor Dua di Kab.Madiun

Pondasi karir dimulai saat kuliah

Madiun, IDN Times – Perjalanan hidup Hari Wuryanto sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Madiun terbilang langsam. Masa belajar di bangku SD hingga SMA dihabiskan di daerah kelahirannya. Kemudian, ia merantau ke Jember untuk kuliah di Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Jember.

Saat kuliah bisa dikatakan merupakan pondasi awal karir pria kelahiran Madiun, 4 September 1964 ini. Di era tahun 1980-an, pria ini menjadi pengurus Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Komisariat Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej). Ia juga sempat menjadi pengurus GMNI Cabang Jember. Di kabupaten itu pula Hari sempat menjadi Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate.

Berikut profil singkatnya.

1. Dari sarjana hukum lanjut ke magister akutansi

Hari Wuryanto, Bankir yang Jadi Orang Nomor Dua di Kab.MadiunWakil Bupati Madiun (tengah) Hari Wuryanto. IDN Times/Nofika D.Nugroho

Gelar Sarjana Hukum yang didapat pada tahun 1989 tidak membuat Hari puas. Ia akhirnya memutuskan untuk mengambil pendidikan pascasarjana Jurusan Akutansi di UPN Veteran Surabaya. Gelar Magister Akutansi yang akhirnya membawa anak dari pasangan Supar – Martiwi ini konsisten di bidang perkreditan.

Kariernya dimulai dari menjadi account officer Koperasi Bank Perkreditan Rakyat (KBPR) Arta Kencana di Kabupaten Madiun. Dari waktu ke waktu, jabatannya kian menanjak hingga berhasil menempati posisi direktur sejak tahun 1993 hingga 2018.

2. Aktif di organisasi bank perkreditan

Hari Wuryanto, Bankir yang Jadi Orang Nomor Dua di Kab.MadiunBupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto. Dok.IDN Times/madiunkab.go.id

Meski kariernya di kantor terus naik, Hari Wuryanto tetap memperluas jaringan di bidang perkreditan. Ia juga aktif di Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo). Hari didapuk sebagai ketua organisasi itu pada tahun 2008 – 2011 untuk Dewan Komisariat Madiun.

Kemudian, ia terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perbarindo Jawa Timur periode 2011 – 2014. Pada masa yang sama, Hari juga menjadi Dewan Pembina Yayasan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Jawa Timur.

Baca Juga: 'Rumah Kelereng' di Madiun Simbol Tolerenasi Beragama

3. Kerap mewakili bupati terkait isu perekonomian

Hari Wuryanto, Bankir yang Jadi Orang Nomor Dua di Kab.MadiunWakil Bupati Madiun Hari Wuryanto saat berdialog dengan para calon investor. Dok.IDN Times/madiunkab.go.id

Jabatan sebagai direktur dan ketua Perbarindo akhirnya ditanggalkan lantaran maju dalam pemilihan umum kepada daerah (pemilukada).  Ia dipasangkan dengan Ahmad Dawami Ragil Saputro sebagai calon bupati. Hari resmi dilantik Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 24 September 2018 sebagai Wakil Bupati Madiun periode 2018 – 2023.

Karena pengalamannya di bidang perkreditan cukup banyak, Hari kerapkali mewakili bupati untuk menghadiri pertemuan yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian. Salah satunya tentang investasi dan pengurangan kemiskinan.

Baca Juga: Kagum dengan Bupati saat Kecil, Kini Kaji Mbing Pimpin Kab.Madiun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya