Gempa di Blitar Terasa Hingga Madiun

Sejumlah warga berhamburan keluar rumah

Madiun, IDN Times - Gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo serta kedalaman 110 km yang terjadi di tenggara Kabupaten Blitar pada pukul 19.09, Jumat (21/5/2021), terasa hingga ke sejumlah daerah. Salah satunya di Kabupaten Madiun.
Beberapa warga yang sebelumnya berada di dalam rumah memilih keluar sebagai upaya dini penyelamatan diri. Kondisi ini seperti terjadi di Dusun Sumbersoko, Desa/Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Blitar Terasa Hingga Surabaya dan Sidoarjo

1.Gempa dirasakan selama dua detik

Gempa di Blitar Terasa Hingga MadiunIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Aristya Firmansyah, salah seorang warga setempat mengatakan bahwa lindu terjadi saat ia beraktivitas di dapur. Tiba-tiba, bumi yang dipijak terasa bergoyang dengan durasi sekitar dua detik.

"Saya juga melihat lampu yang tergantung di dapur dan di jalan juga bergoyang," ujar Aris kepada IDN Times.

2. Warga sempat penasaran dengan titik pusat gempa

Gempa di Blitar Terasa Hingga MadiunIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria itu dan tiga orang lain yang sama-sama bekerja di satu tempat usaha kue akhirnya menuju ke luar ruangan. Mereka ke gang di depan tempat kerjanya. Dari situ diketahui sejumlah warga juga keluar rumah. "Awas, enek lindu (awas, ada gempa), " ujar sejumlah warga setengah berteriak.

Sebagian warga penasaran dengan pusat terjadinya gempa yang terjadi. Mereka sempat saling tanya, namun tidak seorangpun menjawab lantaran sama-sama belum mengetahui informasi terkait pusat gempa.

3.Tidak berpotensi tsunami

Gempa di Blitar Terasa Hingga MadiunData gempa yang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Blitar pada Jumat (21/5/2021). Dok.IDN Times/Tangkapan layar twitter BMKG

Tak seberapa lama, informasi tentang pusat gempa diketahui dari jejaring media sosial yang diakses salah seorang warga. Kabar singkat itu kemudian disampaikan kepada warga lain. Setelah rasa penasarannya terjawab, sejumlah warga akhirnya kembali masuk ke rumahnya masing - masing.

Gempa yang terjadi pada Jumat (21/5/2021), pukul 19.09 dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa di koordinat 8.63 LS - 112.34 BT (57 km tenggara Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Blitar Diguncang Gempa M 6,2, Getarannya Terasa Sampai Bantul

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya