374 Petugas Amankan Nataru di Kabupaten Madiun 

Pintu keluar jalan tol paling rawan macet

Madiun, IDN Times - Sebanyak 374 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemkab Madiun diterjunkan selama Operasi Lilin Semeru 2020 untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2021. Mereka ditempatkan di tujuh titik pos pengamanan, pelayanan, dan pelayanan. Lokasinya seperti di pintu keluar jalan tol ruas Ngawi-Kertosono wilayah Dumpil; rest area jalan tol di wilayah Kecamatan Saradan; dan depan Waduk Bening Widas, Saradan.

Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisiono mengatakan bahwa pintu keluar jalan tol di Dumpil dinyatakan paling rawan macet. Sebab, kemungkinan akan ada pertemuan kendaraan yang keluar dari jalur cepat dan jalur arteri (Madiun-Surabaya).

1. Rest area jalan tol diberlakukan sistem buka tutup

374 Petugas Amankan Nataru di Kabupaten Madiun Personel Polres Madiun sedang menjelaskan skenario pengamanan selama Operasi Lilin Semeru 2020 kepada jajaran forkompimda setempat, Senin (21/12/2020). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Untuk menanggulangi potensi kemacetan, menurut dia, ada sejumlah rekayasa yang direncanakan. Salah satunya dengan menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas. Adapun jumlahnya lebih banyak dibandingkan petugas di enam titik pos pengamanan dan pelayanan.

“Khusus untuk rest area jalan tol, diberlakukan sistem buka-tutup. Ketika sudah memenuhi kapasitas pengunjung maka akan ditutup untuk menghindari kerumunan,” ujar Bagoes.

2. Setiap petugas berjaga selama delapan jam per hari

374 Petugas Amankan Nataru di Kabupaten Madiun Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisiono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kerumunan pengguna jalan tol yang memanfaatkan rest area untuk rehat sengaja dihindari untuk mencegah penularan COVID-19. Upaya lainnya memberlakukan jadwal dinas setiap personel yang terlibat dalam pemantauan dan pengamanan Operasi Lilin selama delapan jam per hari.   

“Untuk menjaga stamina tubuh (setiap personel),” ucapnya sembari menyatakan kesehatan petugas perlu diperhatikan di tengah pandemik COVID-19 ini.

Baca Juga: Operasi Lilin Semeru, Polda Jatim Siagakan 8.559 Personel saat Nataru

3. Mobil ambulans siaga di setiap pos pengamanan

374 Petugas Amankan Nataru di Kabupaten Madiun Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro menyatakan, sebelum mengamankan warga yang menikmati masa libur Natal dan Tahun Baru, maka petugas keamanan harus dalam kondisi sehat. Untuk itu, satu unit ambulans akan disiagakan di masing-masing pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos pemantauan.

“Petugas dari Dinas Kesehatan juga kami libatkan di pos pengamanan,” ujar Kaji Mbing-sapaan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro.

Baca Juga: Amankan Nataru, Operasi Lilin Semeru 2020 Dimulai Hari Ini

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya