Comscore Tracker

Aplikasi Ini Bisa Memandu Nelayan Menemukan Ikan 

Bisa juga digunakan para mancing mania

Bangkalan, IDN Times - Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenalkan Sistem Informasi Kenelayanan (SI Kenelayanan) pada nelayan di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Tak hanya mengenalkan, nelayan juga diminta memakai aplikasi berbasis android ini, agar hasil tangkapan lebih pasti.

Baca Juga: Seorang Balita Meninggal, Bangkalan KLB Difteri

1. Akurasi SI Kenelayanan mencapai 80 persen

Aplikasi Ini Bisa Memandu Nelayan Menemukan Ikan pixabay.com

Dengan mengunduh aplikasi buatan Pusat Riset Kelautan KKP ini, nelayan akan memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan sebelum melaut. Salah satunya informasi peta titik berkumpulnya ikan di laut dengan akurasi 80 persen. Adapun peta tentang kondisi laut dikirim dari citra satelit.

"Kenapa 80 persen, karena sangat mungkin ikan bergerak, tapi kami sudah sediakan perkiraan pergeseran ikan lewat kondisi arus dan suhu air dari BMKG," kata Deny Wijaya Kusuma, peneliti Puriskel KPP, Jumat (12/7).

2. Bisa cek kebutuhan solar hingga harga ikan

Aplikasi Ini Bisa Memandu Nelayan Menemukan Ikan Instagram/pacitantrip

Selain peta ikan, aplikasi SI Kenelayanan berisi banyak informasi kebutuhan nelayan. Misalnya cuaca, tinggi ombak, jarak tempuh ke titik kumpul ikan hingga kebutuhan Solar pulang pergi. "Hingga harga ikan terbaru pun ada," ungkap Deny.

3. Kelemahan Aplikasi SI Kenelayanan

Aplikasi Ini Bisa Memandu Nelayan Menemukan Ikan IDN Times/Musthofa Aldo

Meski begitu, aplikasi yang diluncurkan pada 2016 ini masih butuh perbaikan di beberapa fitur. Salah satunya, kata Deny, gangguan sinyal bila digunakan di tengah laut. "Agar tak kena gangguan sinyal, sebelum melaut semua informasi sudah diunduh," usul Deny.

Kelemahan lain, peta ikan dari aplikasi ini hanya menginformasi titik kumpulnya. Namun tidak merinci potensi tonase ikan yang akan ditangkap nelayan saat memakai panduan aplikasi tersebut. "Meski begitu, aplikasi ini bisa juga dipakai para penghobi mancing," kata dia.

Baca Juga: Nestapa Nelayan Muara Angke: Reklamasi Sang Penghancur Mimpi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya