Sempat Hilang 3 Hari, Nenek di Jember Ditemukan Tewas di Sungai

Jangan biarkan Lansia pergi ke sungai sendiri

Jember, IDN Times - Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang nenek berusia 77 tahun, Sophiani warga Dusun Curah Tepas, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember setelah 3 hari dikabarkan tidak kunjung pulang. Sophiani mulanya berpamitan ke sungai seorang diri kepada keluarganya.

1. Ditemukan dalam keadaan meninggal dunia

Sempat Hilang 3 Hari, Nenek di Jember Ditemukan Tewas di SungaiIlustrasi Kamar Mayat (IDN Times/Sukma Shakti)

Sophiani ditemukan sekitar pukul 13.15 WIB dalam kondisi meninggal tersangkut di antara potongan bambu di tengah sungai, Senin (7/12/2020). 

“Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke Puskesmas Ajung untuk dilakukan identifikasi petugas berwenang. Setelah itu, jenazah dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada pihak keluarga," ujar Kepala Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Surabaya, I Wayan Suyatna melalui keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

2. Tim SAR sudah coba telusuri sungai hingga beberapa kilometer

Sempat Hilang 3 Hari, Nenek di Jember Ditemukan Tewas di SungaiShutterstok

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tambah Wayan, tim SAR gabungan dibagi menjadi dua Search and Rescue Unit (SRU). SRU pertama menggunakan perahu rafting Basarnas menyisir sungai dari titik awal diduga korban pertama kali hanyut hingga 4 km ke arah selatan. Selanjutnya, tim SRU dua juga menggunakan Rafting SAR menyisir sungai sejauh 3 kilometer ke arah selatan.

Baca Juga: ASN Positif COVID-19, Ratusan Pegawai Pemkab Jember Jalani Tes Swab

3. Diduga terpeleset ke Sungai

Sempat Hilang 3 Hari, Nenek di Jember Ditemukan Tewas di SungaiIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Pihak keluarga dibantu beberapa orang tetangga kemudian melakukan pencarian, sebab korban tidak juga kembali pulang meski sudah malam.

"Berdasarkan keterangan pelapor, ditemukan sandal milik korban di tepi sungai. Pihak keluarga menduga bahwa korban terpeleset hingga jatuh ke sungai dan hanyut terbawa arus," ujarnya.

Upaya pencarian dan evakuasi korban juga melibatkan unsur SAR gabungan, di antaranya Polsek Ajung, Koramil Ajung, Puskesmas Ajung, SAR OPA, Biting Rescue, Relgab, MTA Jember, SAR Langit, Brandal Alas, Tagana Jember, Tranggana Bondowoso, Rumah Zakat, dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Survei PRC Pilkada Jember, Faida Masih Unggul Tipis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya