Kebakaran TP 5 Sempat Padam, Api Nyala Lagi

Dipadamkan sekitar pukul 18.30

Surabaya, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022) berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30. Tapi, usai dilakukan pembasahan, titik api kembali timbul.

1. Kebakaran sudah kondusif, api nyala lagi

Kebakaran TP 5 Sempat Padam, Api Nyala LagiKobaran api muncul dari Tunjungan Plaza 5 yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Dari pantauan IDN Times di Lapangan, kebakaran sudah mulai kondusif sekitar pukul 21.00. Beberapa mobil pemadam pun mulai meninggalkan lokasi.

Namun, tak berselang lama, api kembali muncul Sektiar pukul 21.19. Mobil pemadam pun kembali datang ke lokasi.

Hingga pukul setengah 12 petugas terlihat masih melakukan pemadaman. Petugas berusaha untuk memdamkan bara.

"Sebenarnya tadi sudah APP (Api Pokok Pasam) puku berapa tadi tidak di catat, kemudian teman-teman melakukan pembahasan, pembasahan tinggal bara-bara," ujar Kepala Dinas Pemadam Kemakaran (PMK) Kota Surabaya, Dedik Irianto saat ditemui di lokasi.

Baca Juga: Kebakaran TP 5 Diduga dari Restoran Merambat Lewat Exhaust

2. Bara menyala karena suhu

Kebakaran TP 5 Sempat Padam, Api Nyala LagiPetugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memadamkan kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan termasuk tiga Bronto Skylift untuk memadamkan api yang membakar lantai 5 Tunjungan Plaza 5 itu. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Namu, karena suhu tertentu bara kembali menyala menjadi api. Sehingga, pihaknya pun kembali turun untuk memadamkan api dari bara tersebut.

"Kita masukkan peralatan untuk pembasahan, ini yang sedang kita kejar," ungkapnya.

Petugas pun berusaha untuk mencari bara yang lain. Hal ini karena, kondisi di dalam sangat pekat dan ada penumpukan material.

3. Bara tertutup barang plastik mainan anak

Kebakaran TP 5 Sempat Padam, Api Nyala LagiBagian gedung di Tunjungan Plaza 5 Surabaya terbakar. dok. Istimewa.

Diduga bara api tertutup oleh barang-barang plastik. Bara yang terumpuk plastik ini tidak tembus dengan air.

"Yang dikejar tinggal baranya jadi numpuk, baranya yang terbakar stand mainan anak-anak di lantai 4 TP 5 barang-barangya dari plastik terus kalau ketumpuk yang di atas gak tembus air padahal apinya di bawah. Jadi mainan anak plastik ya itu kena," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya