Beredar Kabar Bupati Bojonegoro Positif COVID-19, Satgas: Itu Hoaks

Bupati Anna dalam kondisi sehat

Bojonegoro, IDN Times- Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin secara tegas membantah kabar yang menyatakan bahwa Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah positif COVID-19. Kabar yang meluas melalui WhatsApp itu adalah bohong alias hoaks.

"Hoaks mas itu," tegas Masirin saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (11/12/2020).

1. Bupati Bojonegoro dalam keadaan sehat dan beraktivitas seperti biasa

Beredar Kabar Bupati Bojonegoro Positif COVID-19, Satgas: Itu HoaksIlustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini kondisi orang nomor satu di Bojonegoro tersebut dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan rutinitas sebagai pejabat negara seperti biasanya. Bahkan, Anna sendiri kerap melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Bojonegoro.

"Alhamdulillah kondisi ibu sangat baik, beliau juga rutin menggelar pertemuan dengan kepala dinas dan masuk kantor seperti biasanya," kata Masirin yang juga menjabat sebagai Humas Pemkab Bojonegoro tersebut.

2. Masyarakat diminta untuk tidak gampang percaya berita hoaks

Beredar Kabar Bupati Bojonegoro Positif COVID-19, Satgas: Itu HoaksPeta sebaran COVID-19 di Bojonegoro. Dok. Humas Pemkab Bojonegoro

Masirin berpesan agar masyarakat menyaring informasi yang masuk. Jangan langsung percaya dan langsung membagikan pesan-pesan berantai jika memang belum terkonfimasi.

"Lebih baik dikonfirmasi dulu, benar atau tidak kabar tersebut, agar berita tersebut tidak menyesatkan masyarakat luas terutama warga Bojonegoro," imbaunya.

Baca Juga: Bupati Lumajang Umumkan Dirinya Positif COVID-19 Melalui Twitter

3. Masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan

Beredar Kabar Bupati Bojonegoro Positif COVID-19, Satgas: Itu HoaksData jumlah warga yang positif COVID-19 di Bojonegoro. Dok. Humas Pemkab Bojonegoro

Selain itu, Masirin juga meminta kepada seluruh masyarakat Bojonegoro agar terus mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang sudah diterapkan. Hal itu demi mencegah penyebaran virus corona di Bojonegoro.

"Kalau imbuan terus kami lakukan, terutama pemakaian masker ketika keluar rumah dan jangan sampai membuat kerumunan massa, karena hal itu bisa menyebabkan penularan virus corona," pungkasnya.

4. Total ada 766 orang di Bojonegoro positif COVID-19, 629 di antaranya sembuh

Beredar Kabar Bupati Bojonegoro Positif COVID-19, Satgas: Itu HoaksGapura Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/Imron

Sementara untuk jumlah masyarakat Bojonegoro yang dinyatakan positif COVID-19, hingga 11 Desember 2020 tercatat sebanyak 766 orang, 64 orang sedang menjalani perawatan, 629 orang dinyatakan sembuh dan 73 lainnya dinyatakan meninggal dunia. 

"Sedangkan kasus suspect sebanyak 241 orang. Dan untuk kasus konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh pada Kamis kemarin berjumlah 8 orang," pungkasnya.

Baca Juga: Daftar Kepala Daerah di Jatim yang Pernah Positif COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya