Antisipasi Teror, Polres Tuban Perketat Pengamanan di Perbatasan Jatim

Cegah kerumunan massa, akses jalan menuju kota ditutup

Tuban, IDN Times - Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan atau aksi teror selama perayaan natal dan tahun baru 2022, Polres Tuban memperketat pengamanan  di perbatasan Jawa Timur dan Tengah. Pengamanan yang berlangsung 24 jam itu sendiri akan melibatkan ratusan personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban.

1. Pengendara yang melintas di perbatasan Jatim-Jateng juga akan dites COVID-19

Antisipasi Teror, Polres Tuban Perketat Pengamanan di Perbatasan JatimApel gelar pasukan operasi lilin Semeru 2021 di Polres Tuban. IDN Times/Imron

Tak hanya memperketat penjagaan, Polres dan pemerintah Kabupaten Tuban juga akan menggelar tes swab antigen secara acak bagi setiap pengendara yang melintasi wilayah perbatasan tersebut. Tes swab antigen sendiri bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Tuban.

"Tentunya tes swab atau rapid secara acak akan kita lakukan nanti, karena saat ini masih dalam suasana pandemik COVID-19 dan juga antisipasi kita terhadap virus COVID-19 varian baru," kata Kapolres Tuban, AKBP Darman, Kamis (23/12/2021).

2. Polisi juga melakukan penjagaan di setiap gereja

Antisipasi Teror, Polres Tuban Perketat Pengamanan di Perbatasan JatimApel gelar pasukan operasi lilin Semeru 2021 di Polres Tuban. IDN Times/Imron

Selain memperketat penjagaan di wilayah perbatasan, lanjut Darman, sejumlah polisi juga dikerahkan untuk mengamankan beberapa gereja di wilayah Tuban. Polisi yang bertugas di gereja juga akan dibekali persenjataan yang lengkap dan juga alat metal detector.

"Intinya kami akan memberikan pengamanan secara penuh agar perayaan natal dan tahun baru di Tuban ini berjalan dengan aman," ujar Darman usai melepas pasukan pengamanan nataru 2020.

Baca Juga: Gagal Nyalip, Pemotor Tewas Terlindas Truk di Jalur Pantura Tuban

3. Untuk mencegah kerumunan massa, akses jalan menuju kota ditutup

Antisipasi Teror, Polres Tuban Perketat Pengamanan di Perbatasan JatimKapolres Tuban AKBP Darman saat memberikan keterangan kepada wartawan usai apel gelar pasukan operasi lilin Semeru 2021 di Polres Tuban. IDN Times/Imron

Sementara, untuk mengantisipasi terjadinya konvoi dan kerumunan saat malam tahun baru, Polres Tuban juga sudah menyiagakan personel di sejumlah titik yang menjadi lokasi berkumpulnya warga. Titik-titik itu antara lain, alun-alun Kota Tuban, tempat wisata dan jalan lingkar selatan Tuban.

"Ada beberapa wilayah yang juga bakal kita seperti jalan menuju akses kota atau alun-alun hal ini bertujuan agar tidak ada kerumunan massa pada malam tahun baru nanti," pungkasnya.

Baca Juga: Siswa SD di Tuban Tewas Tenggelam Saat Mengikuti Kegiatan Sekolah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya