Comscore Tracker

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites Urine

Angka penyalahgunaan narkoba di Bumi Wali masih rendah

Tuban, IDN Times- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar tes urine terhadap 53 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban, Jumat (11/10). Dalam pemeriksaan itu petugas BNNK Tuban tidak mendapati pegawai Lapas yang memakai narkoba.

Kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana menerangkan, tujuan tes urine tersebut adalah untuk menekan angka peredaran narkoba di lingkungan lapas. "Hari ini kami menggelar tes urine, dan hasilnya tidak ada pegawai yang terindikasi mengunakan narkoba dan obat terlarang," katanya.

1. Pegawai harus bisa memberi contoh pada masyarakat

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites UrineIDN Times/ Imron

Made menjelaskan, pemeriksaan narkoba di kalangan pegawai Lapas sangat perlu dilakukan. Sebab, para pegawai lapas adalah contoh bagi masyarakat lain. Apalagi di dalam Lapas sendiri terdapat beberapa napi yang mendekam dengan kasus narkoba.

"Pemberantasan narkoba harus dimulai dari pegawainya karena dia adalah contoh dan harus memberikan suri tauladan yang baik," tegasnya.

2. Tes urine juga pernah dilakukan pada napi kasus narkoba

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites UrineIDN Times/ Imron

Tak hanya kali ini saja tes urine digelar di lapas. Tahun lalu, kegiatan serupa juga pernah dilakukan. Kala itu, lembaga antimadat juga tidak mendapatkan pegawai dan napi yang positif mengonsumsi narkoba.

"Tidak hanya pegawai, sebelumnya kami juga melakukan kegiatan yang sama pada penghuni lapas. Terutama mereka yang menghuni sel narkoba," imbuhnya.

Baca Juga: Mau Nikah Wajib Tes Urine, Emil: Harus Siap

3. Angka penyalahgunaan narkoba di Tuban tergolong rendah

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites UrineIDN Times/ Imron

Dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur, Tuban merupakan daerah yang masih rendah penyalahgunaan narkoba. Hasil ini diketahui dari jumlah kasus yang ditangani oleh BNNK Tuban tangani. Kendati demikian, Made menegaskan bahwa pihaknya akan terus konsisten menekan angka peredaran narkoba di Bumi Wali.

"Untuk persentasenya, kami tidak hafal. Yang jelas Tuban sangat rendah sekali," sebut perwira polisi dengan dua melati di pundak ini.

4. 14 pegawai tidak ikut tes urine karena dinas luar kota

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 53 Pegawai Lapas Tuban Dites UrineIDN Times/ Imron

Sementara itu, Plt Lapas Kelas II B Tuban Suntoro mengatakan, tes urin terhadap anak buahnya itu dilakukan dalam rangka Hari Dharma Karyadhika ke-74. Dari 67 pegawai lapas, hanya 53 orang menjalani tes urine. Sedangkan 14 sisanya sedang dinas di luar kota.

"Ada yang dinas luar, jadi tidak bisa mengikuti. Tapi nanti tetap kami adakan tes urine ulang kepada mereka," ucapnya.

Baca Juga: Usai Video Mesum Beredar, Pemkab Tuban Gencar Razia Kos-kosan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya