Truk Mogok di Perlintasan, 4 Perjalanan KA Terganggu

Truk mogok ini juga mengakibatkan lalu lintas tersendat

Lamongan, IDN Times - Sebuah truk gandeng yang mengangkut ratusan pupuk mengalami patah as tepat di atas perlintasan kereta api, saat melintas di Jalan Raya Nasional Surabaya-Semarang tepatnya di Kabupaten Lamongan, Senin (27/2/2023). Akibat kejadian itu, empat kereta mengalami keterlambatan perjalanan.

1. Truk mogok akibat as patah 

Truk Mogok di Perlintasan, 4 Perjalanan KA TergangguTruk pengangkut pupuk alami patah as saat melintas di jalur kereta. IDN Times/Imron

Kanit Turjawali Satlantas Polres Lamongan Ipda Endro Widodo mengatakan, peristiwa itu bermula saat truk nopol K 8218 OA yang dikemudikan Wahyu Setiawan (35) asal Pati Kidul, Pati Jateng melaju dari arah timur ke barat. Sesampainya di lokasi kejadian truk as tiba-tiba parah.

"Truk ini melaju dari Surabaya menuju arah Babat kemudian tepat di barat Terminal Lamongan, roda depan sebelah kanan gandengan truk mengalami patah as," kata Endro.

Baca Juga: Kebanjiran, Siswa di Lamongan Belajar di Rumah Guru dan Balai Desa

2. Kejadian itu juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat

Truk Mogok di Perlintasan, 4 Perjalanan KA TergangguTruk pengangkut pupuk alami patah as saat melintas di jalur kereta. IDN Times/Imron

Selain menyebabkan keterlambatan perjalanan kereta, arus lalu lintas di sepanjang jalan Nasional dari arah Surabaya atau sebaliknya juga sempat tersendat. Sementara untuk evakuasi terhadap badan truk petugas terpaksa mendatangkan mobil crane atau derek.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja arus lalulintas dan perjalanan kereta sempat terhambat," jelasnya. 

3. Perjalanan kereta kembali lancar pada pukul 14.00

Truk Mogok di Perlintasan, 4 Perjalanan KA TergangguTruk pengangkut pupuk alami patah as saat melintas di jalur kereta. IDN Times/Imron

Humas PT KA Daops VII Surabaya Luqman Arif mengatakan, truk tersebut mulai mogok pada pukul 12.06 Kemudian truk tersebut baru berhasil dievakuasi pukul 14.00. Adapun empat kereta yang mengalami keterlambatan perjalanan adalah kereta barang dari Jakarta menuju ke Surabaya, KA lokal Surabaya - Bojonegoro, KA Airlangga Surabaya ke Pasar Senen Jakarta dan Ka Ambarawa Surabaya ke Semarang.

"Ada empat kereta yang mengalami keterlambatan perjalanan," kata Luqman saat dihubungi IDN Times

Baca Juga: Banjir Mengepung Lamongan, 5 Ribu Rumah 51 Sekolah Terdampak

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya