Profil Wakil Bupati Bangkalan Mohni

Pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan

Surabaya, IDN Times - Tak banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akhirnya terjun ke dunia politik, atau bahkan jadi kepala daerah. Tapi hal itu dilakukan oleh Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Mohni, M.M. Bersama Bupati R. Abdul Latif Amin Imron ia terpilih pada 2018 dan akan bertugas sampai 2023 kelak.

Sebelum menerima amanah sebagai wakil bupati, ia adalah seorang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan. Selain itu, ia juga sudah lama mengabdi kepada Kabupaten Bangkalan. Berikut adalah perjalanan karir Wakil Bupati Bangkalan ke-4 tersebut.

1. Mendapat gelar sarjana dan magister di Kota Surabaya

Profil Wakil Bupati Bangkalan Mohni(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Sukma Shakti

Mohni lahir di Kabupaten Bangkalan pada 22 Oktober 1959. Di sana, ia mengenyam bangku pendidikan dari dasar hingga menengah atas. Lalu ia memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Kota Surabaya. Gelar sarjana didapat dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, sedangkan gelar magister didapat dari Universitas Putra Bangsa.

2. Berpengalaman menjadi kepala di berbagai bidang

Profil Wakil Bupati Bangkalan MohniWakil Bupati Bangkalan, Mohni/beacukai.go.id

Setelah pendidikannya usai, pria berusia 62 tahun ini kembali ke tempat kelahirannya untuk mengabdi. Pada awal karirnya sebagai birokrat, ia menjabat sebagai Kepala Kantor Kehutanan Kabupaten Bangkalan. Setelah itu, ia menjadi kepala di berbagai bidang lain seperti keuangan, pengelolaan pasar, dan pembangunan daerah.

Baca Juga: Beras Bansos di Bangkalan Banyak Kutunya

3. Digandeng Abdul Latif untuk memimpin Kabupaten Bangkalan

Profil Wakil Bupati Bangkalan MohniBupati Bangkalan R.A. Latif Imron dan Wakil Bupati Bangkalan, Mohni/Bangkalankab.go.id

Setelah banyak memimpin di berbagai macam bidang, pada tahun 2018 ia digandeng oleh Abdul Latif dalam Pemilihan umum Kabupaten Bangkalan. Pasangan ini mendapatkan dukungan dari partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Keduanya berhasil memperoleh suara sebanyak 41.544 atau setara dengan 27,42 persen.

Pada hari Senin, 24 September 2018, pasangan R. Abdul Latif Amin Imron dan Mohni, dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, yaitu Dr. H. Soekarwo yang saat itu menjabat. Pelantikan tersebut dilaksanakan di gedung negara Grahadi Surabaya bersama dengan 12 kepala daerah lainnya.

4. Bantu bupati garap program 25 Kerja Bangkalan Sejahtera

Profil Wakil Bupati Bangkalan MohniJalan Raya Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Dok. Istimewa.

Dalam tugasnya menjadi Wakil Bupati Kabupaten Bangkalan, Mohni bertanggung jawab untuk membantu bupati dalam semua hal, mulai dari menyelenggarakan pemerintahan hingga melakukan koordinasi kegiatan instansi. Selain itu ia juga harus mampu melakukan pengawasan dan melaksanakan pemberdayaan dalam hal pengembangan, pelestarian sosial budaya, serta lingkungan hidup. Ia `juga bertanggung jawab untuk melalukan evaluasi dan menerima serta memberikan saran terhadap penyelenggarann pemrintah.

Sesuai dengan visi misi yang telah disusun, pasangan pasangan terssebut memiliki beberapa program kerja yang disebut dengan 25 Kerja Bangkalan Sejahtera. Program kerja yang mereka miliki di antaranya adalah Sejahtera Pintar dan Sehat, Sejahtera Mandiri, Sejahtera Membangun dari Pinggiran, Sejahtera Berbudaya, dan masih banyak yang lain.

 

Penulis Magang: Jovanka Okta

Baca Juga: Gak Cuma RSLI, RSDL Bangkalan Juga Sudah Nihil Pasien COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya