Wakil Wali Kota Edi: Laskar Perencana Harus Bisa Menyusun Kebutuhan 

Kebutuhan masyarakat Malang menjadi prioritas 

Malang, IDN Times -  Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa Laskar Perencana harus bisa menyusun kebutuhan, bukan keinginan masyarakat Malang. Sebab, prioritas pembangunan Kota Apel ialah memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Tugas utama Laskar Perencana nantinya adalah meningkatkan partisipasi atau keterlibatan masyarakat dalam forum diskusi atau musyawarah dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang), dan bahkan sejak tahapan rembug RW dan pra-musrenbang," tutur pria berkacamata itu.saat membuka Bimtek Kepada Tenaga Pendamping Musrenbang Kelurahan Kecamatan di Ruang Akasia, Savana Hotel and Convention Malang, Rabu (25/11/2020).

1. Ini tugas Laskar Perencana

Wakil Wali Kota Edi: Laskar Perencana Harus Bisa Menyusun Kebutuhan Acara Bimtek Kepada Tenaga Pendamping Musrenbang Kelurahan Kecamatan di Ruang Akasia, Savana Hotel and Convention Malang, Rabu (25/11). (Dok. Pemkot Malang)

Wawali Sofyan menjelaskan bahwa salah satu tugas Laskar Perencana ialah menggali serta menginventarisasi permasalahan dan isu-isu pembangunan yang berkembang di masyarakat. Hal tersebut untuk memandu atau mendampingi masyarakat dalam merumuskan usulan kegiatan yang merupakan solusi konkret atas permasalahan atau isu itu, termasuk di dalamnya menentukan prioritas atas usulan kegiatan yang disepakati. 

Adapun sesuai surat keputusan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bersama dengan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, tugas Laskar Perencana ialah membantu tugas Bappeda menerjemahkan hasil musrenbang ke dalam kamus usulan dan melakukan input ke dalam aplikasi e-Musrenbang SIPD.

Baca Juga: Pengembang Perumahan Kota Malang Resmi Serahkan PSU ke Pemkot Malang

2. Laskar Perencana harus bekerja optimal

Wakil Wali Kota Edi: Laskar Perencana Harus Bisa Menyusun Kebutuhan Para peserta Bimtek Tenaga Pendamping Musrenbang Kelurahan Kecamatan/Dok. Pemkot Malang

Bung Edi, sapaan Wawali Malang, juga berpesan kepada Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat di Lingkungan Pemkot Malang untuk mengoptimalkan peran para Laskar Perencana secara optimal sejak proses rembug RW, pra-musrenbang, sampai dengan musrenbang.

"Mohon kenali profil Laskar Perencana untuk masing-masing kecamatan atau kelurahan. Libatkan mereka secara aktif dalam proses musrenbang dan support mereka," tutur Bung Edi.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Malang Apresiasi Pameran Payung Mbah Rasimun 

3. Laskar Perencana juga bertugas mengefektifkan musrenbang

Wakil Wali Kota Edi: Laskar Perencana Harus Bisa Menyusun Kebutuhan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko/Dok. Pemkot Malang

Laskar Perencana Kota Malang merupakan tenaga pendamping masyarakat menuju pelaksanaan musrenbang agar lebih efektif. Laskar Perencana direkrut Pemkot Malang dengan kriteria mempunyai rekam jejak dalam pendampingan masyarakat dan memiliki wawasan pembangunan Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu mengatakan bahwa tujuan bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat kelurahan dan kecamatan serta pendampingnya dalam rangka pelaksanaan teknis Musrenbang Kota Malang (CSC).

Topik:

  • Jordi Farhansyah
  • Faiz Nashrillah
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya