Kota Malang Raih Prestasi Lagi, Wakil Wali Kota Sampaikan Rasa Bangga

Kelurahan Penanggungan raih juara kelurahan tangguh bencana

Malang, IDN Times - Kota Malang kembali meraih prestasi gemilang. Kali ini, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, meraih Juara 1 Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Madya Tingkat Provinsi Jawa Timur. Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, memimpin apel pagi sekaligus pemberian penghargaan tersebut pada Senin (19/10/2020).

Kesuksesan Kelurahan Penanggungan menambah deretan panjang prestasi Kota Malang di tingkat Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, Kota Malang juga meraih Juara 1 Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur pada bulan yang sama. Menanggapi hal tersebut, Sofyan Edi menyampaikan rasa bangga dan ucapan selamat atas prestasi yang diperoleh Kelurahan Penanggungan.

“Pagi hari ini kita cukup bangga melihat perayaan prestasi warga Kelurahan Penanggungan. Bersama-sama, lurah dan masyarakat sudah meraih prestasi untuk Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Madya Provinsi Jawa Timur. Selamat!” ucapnya.

Baca Juga: Berkat Sinergitas Gerak, Pemkot Malang Raih WTP 9 Kali Berturut-turut

1. Sudah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terkait masalah kebencanaan

Kota Malang Raih Prestasi Lagi, Wakil Wali Kota Sampaikan Rasa BanggaWakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. (Dok. Humas Pemkot Malang)

Penghargaan yang diraih Kelurahan Penanggungan menjadi bukti bahwa masyarakat, pemerintah, dan para stakeholders sudah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terkait masalah-masalah kebencanaan, terutama di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini. Perlu diketahui pula bahwa Kota Malang sudah memasuki zona oranye COVID-19.

Bung Edi, sapaan akrab Wakil Wali Kota Malang, juga menambahkan tindak lanjut ke depan terkait prestasi ini adalah agar tercipta ‘Kelurahan Tangguh’ di kelurahan yang lain di Kota Malang.

“Tindak lanjutnya bagaimana muncul seperti Kelurahan Penanggungan di kelurahan-kelurahan yang lain. Kelurahan Penanggungan bisa bergerak lagi ke tingkat utama,” kata Bung Edi.

Baca Juga: Gelar Aksi, Jurnalis Malang Raya Kecam Tindakan Represif Aparat

2. Diperlukan target untuk membangun dan mengembangkan Kampung Tangguh

Kota Malang Raih Prestasi Lagi, Wakil Wali Kota Sampaikan Rasa BanggaSuasana apel pagi di Balai Kota Malang. (Dok. Humas Pemkot Malang)

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Ali Mulyanto menyatakan bahwa perlunya mencapai target untuk terus membangun dan mengembangkan Kampung Tangguh yang sampai saat ini sudah terdaftar di BPBD sebanyak 40 kampung dan masih kurang 17 lagi, sedangkan yang sudah terdaftar di pihak kepolisian sebanyak 29, serta dari TNI-Polri kurang lebih sudah ada 13. 

“Ini semuanya berkembang dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka menanggulangi bencana karena ini juga bencana yang harus kita hadapi bersama,” ujarnya.

3. Libatkan dunia usaha dalam rangka pengembangan Kampung Tangguh Bencana

Kota Malang Raih Prestasi Lagi, Wakil Wali Kota Sampaikan Rasa BanggaWakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyerahkan penghargaan kepada Lurah Kelurahan Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati saat apel pada Senin (19/10/2020). Dok. Humas Pemkot Malang

Kegiatan pemberian penghargaan kepada Kelurahan Penanggungan juga dihadiri Lurah Kelurahan Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati, Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Penanggungan, dan juga beberapa perwakilan elemen masyarakat dari Kelurahan Penanggungan.

“Kolaborasi pentahelix kelurahan kami ini tidak hanya (melibatkan) pemerintah dan masyarakat, tetapi juga melibatkan dunia usaha melalui nota kesepakatan bersama dalam rangka pengembangan Kampung Tangguh Bencana,” kata Yuyun. 

Penghargaan tersebut telah diserahkan secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi bersamaan dengan Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi pada Senin (12/10/2020). (CSC)

Baca Juga: Pengembang Perumahan Kota Malang Resmi Serahkan PSU ke Pemkot Malang

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Faiz Nashrillah
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya