Di Hadapan Wantanas, Sutiaji Kenalkan Marketplace Lokal Malang

Dalam upaya penguatan UMKM di Malang

Malang, IDN Times - Di hadapan Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas), Wali Kota Malang, Sutiaji memaparkan spirit kebangsaan melalui kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri.

"Kalau di Kulon Progo dikenal yang namanya Bela Beli, maka di kota Malang kita kenalkan yang namanya 'Mal Pro'. Artinya Malang pro (Cinta) produk-produk UMKM lokal, "ujar Sutiaji.

Pria penyuka kuliner super pedas ini menambahkan, dalam upaya penguatan UMKM lokal, Kota Malang juga sudah memiliki marketplace lokal.

"Namanya MalangGleerrr, yang itu di-develop oleh teman-teman komunitas sebagai bagian dari konsep pembangunan pentahelix,” imbuh Pak Aji.

1. Guna membendung para rentenir

Di Hadapan Wantanas, Sutiaji Kenalkan Marketplace Lokal MalangPenerimaan kunjungan tim Setjen Wantanas (Dok. Pemkot Malang)

Alumnus IAIN Malang itu menambahkan, selain penguatan UMKM, Kota Malang juga meluncurkan program OJIR (Ojo Percoyo Rentenir) sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat. Program ini bertujuan untuk membendung bank titil atau rentenir dan melepaskan masyarakat-termasuk pelaku usaha mikro- dari jeratan rentenir.

Baca Juga: Kota Malang Raih Prestasi Lagi, Wakil Wali Kota Sampaikan Rasa Bangga

2. Bertujuan mengetahui ketahanan ekonomi selama pandemik

Di Hadapan Wantanas, Sutiaji Kenalkan Marketplace Lokal MalangDok. Pemkot Malang

Penerimaan kunjungan tim Setjen Wantanas tersebut berlangsung pada Kamis, 19 November 2020 di Ruang Rapat Wali Kota Malang. 

Turut hadir mendampingi Wali Kota Sutiaji adalah Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Malang, Diah Ayu Kusumawardhani; Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Wahyu Setianto; dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Kharis.

Deputi Pengembangan Setjen Wantanas, Marsda TNI Dr. Sungkono mengatakan bahwa kunjungannya kali ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan ekonomi daerah selama pandemik COVID-19.

"Nantinya hal ini dapat digunakan untuk menyusun rekomendasi kepada Presiden RI sebagai Ketua Wantanas dalam rangka menetapkan kebijakan dan strategis nasional," tuturnya.

Baca Juga: Sutiaji: Peran Ponpes Sangat Besar untuk Bangun Masyarakat Kota Malang

3. Kota Malang akan jadi pilot project untuk memulihkan ekonomi

Di Hadapan Wantanas, Sutiaji Kenalkan Marketplace Lokal MalangDok. Pemkot Malang

Ia menambahkan, Kota Malang akan dijadikan pilot project dalam upayanya yang telah sukses memulihkan perekonomian secara cepat pada masa pandemik ini. 

"Agar kabupaten atau kota lainnya dapat melakukan studi tiru di Kota Malang," tegas Sungkono.

Topik:

  • Jordi Farhansyah
  • Dida Tenola
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya