Sambut Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Dapat Tiket Gratis KA Jarak Jauh!

Cuma ada 1.037 tiket dari PT KAI Daop 8

Surabaya, IDN Times - Menyambut Hari Pahlawan pada 10 November nanti, PT KAI Daop 8 Surabaya membagikan voucher tiket KA Jarak Jauh secara gratis kepada guru dan tenaga kesehatan (nakes). Terdapat 1.037 voucher tiket yang bisa diambil langsung oleh guru dan nakes  periode keberangkatan 8 sampai dengan 30 November 2020.

"Dalam rangka Hari Pahlawan, PT KAI Daop 8 Surabaya mengadakan Program Gratis Naik KA guna menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa. Sebanyak 1.037 voucher tiket telah disiapkan dan dapat diambil di Stasiun Surabaya Gubeng ," ujar Fredi Firmansyah, Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (6/11/2020).

1. Voucher tiket gratis untuk guru dan tenaga kesehatan

Sambut Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Dapat Tiket Gratis KA Jarak Jauh!Ilustrasi Infrastruktur (Kereta) (IDN Times/Arief Rahmat)

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto menjelaskan, tiket gratis ini diberikan kepada guru dan nakes lantaran jasanya sebagai pahlawan di tengah pandemik ini. Di tengah larangan tatap muka, guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa berjuang untuk tetap bisa mendidik murid-mudinya dengan baik. Sementara nakes juga mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan pasien COVID-19.

"Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tetapi juga rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain," jelas Suprapto.

2. Perlu menunjukkan identitas sebagai guru dan tenaga kesehatan

Sambut Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Dapat Tiket Gratis KA Jarak Jauh!IDN Times/Galih Persiana

Suprapto menjelaskan, pihak yang berhak mendapatkan voucher gratis ini adalah guru TK sampai dengan SMA atau sederajat dan nakes. Program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha. Untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk nakes, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

"Voucher dapat diambil di customer service di (stasiun) Surabaya Gubeng. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan. Kuota pengambilan voucher per hari terbatas, untuk menciptakan physical distancing," imbuhnya.

Baca Juga: Cuti Bersama Maulid Nabi, KAI Daop Madiun Tambah 4 Perjalanan Kereta 

3. Voucher gratis khusus untuk KA jarak jauh

Sambut Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Dapat Tiket Gratis KA Jarak Jauh!Ilustrasi Infrastruktur (Kereta) (IDN Times/Arief Rahmat)

Kereta yang termasuk dalam program gratis ini adalah Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung, Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen, Gajayana relasi Malang-Gambir, Jayabaya relasi Malang-Pasar Senen, Malabar relasi Malang-Bandung, Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen, dan Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung.

"Voucher tiket KA Eksekutif dapat diambil mulai 7 sampai 29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 8 sampai 30 November 2020. Adapun voucher tiket KA Ekonomi dapat diambil mulai 11 sampai 29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 12 sampai 30 November 2020," lanjut Suprapto.

4. Tidak termasuk biaya rapid test

Sambut Hari Pahlawan, Guru dan Nakes Dapat Tiket Gratis KA Jarak Jauh!Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Program voucher gratis ini tidak termasuk biaya rapid test di stasiun sebesar Rp85 ribu. Sebagai informasi, menunjukkan surat keterangan nonreaktif rapid test masih menjadi salah satu persyaratan bagi penumpang KA jarak jauh. Selain itu, pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam) dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

"Terima kasih kepada para guru dan tenaga kesehatan atas pengabdian dan jasa-jasanya selama ini. Semoga semangat pertempuran 10 November 1945 dapat menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit dari kesulitan akibat pandemi ini. Voucher gratis ini kami berikan untuk Anda sebagai kepedulian dan bukti bakti KAI untuk Indonesia," tutup Fredi Firmansyah.

Baca Juga: Long Weekend, Setengah Ketersediaan Tiket Kereta DAOP 8 Habis

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya