Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Hujan Diprakirakan Merata

Tingkatkan kewaspadaan ya Guys!

Surabaya, IDN Times - Cuaca di Jawa Timur pada Senin (15/11/2021) diprakirakan berawan, hujan lebat, hingga disertai petir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan bahwa hujan akan terjadi merata di seluruh daerah di Jatim. Pada hari ini, potensi banjir naik level menjadi level siaga.

1. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan lebat disertai petir

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Hujan Diprakirakan MerataIDN Times/Sukma Shakti

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto menjalaskan, pada pagi hari cuaca diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sementara siang higa sore hari awan diprakirakan lebih tebal dan potensi hujan lebih tinggi.

"Malam hari juga diprakirakan berawan, berkabut, sampai hujan lebat disertai petir. Untuk dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat," ujar Teguh, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Prakiraan Hujan di Jatim Merata, Potensi Banjir Level Waspada

2. Hujan akan mengguyur merata di wilayah Jatim

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Hujan Diprakirakan MerataIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hujan lebat disertai petir pada pagi hari diprakirakan terjadi di wilayah wilayah Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, dan Pamekasan. Sedangkan di siang dan sore hari diprakirakan di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

"Untuk malam hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Pasuruan, Lumajang dan Sampang. Lalu dini hari di wilayah Sumenep," terangnya.

3. Potensi banjir di level siaga

Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Hujan Diprakirakan MerataIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, hari ini suhu udara diprakirakan berada di sekitar 14 sampai 32 derajat celcius. Sementara kelembapan udara diramalkan sekitar 60 sampai 100 persen. Untuk angin diperkirakan dominan dari timur ke tenggara dengan kecepatan 05 sampai 30 kilometer perjam.

"Potensi banjir berada di level siaga. Saya berharap antisipansi banjir di wilayah rawan sudah disiapkan dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: BPBD Jember: 7 Kecamatan Rawan Banjir, Jangan Aktivitas di Sungai!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya