Comscore Tracker

Penendang Sesajen di Gunung Semeru Akhirnya Tertangkap

Saat ini sedang diperiksa Polda Jatim

Surabaya, IDN Times - Pelaku penendang sesajen di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru akhirnya tertangkap. Aksi penendangan sesajen ini sempat menuai kontroversi di masyarakat. Pelaku tertangkap setelah dicari aparat ke berbagai provinsi.

1. Penendang sesajen di Semeru tertangkap

Penendang Sesajen di Gunung Semeru Akhirnya TertangkapPelaku tendang Sesajen di Gunung Semeru/dok. Screenshot video viral

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menjelaskan, pria berinisial HF ini berhasil ditangkap di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaku berhasil dilacak keberadaannya setelah sempat dicari ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Iya semalam (13/1/2022) diamankan. Benar di Bantul, DIY," ujar Gatot, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Polisi Kantongi Identitas Pelaku Tendang Sesajen Semeru 

2. Diperiksa di Polda Jatim

Penendang Sesajen di Gunung Semeru Akhirnya TertangkapApel pasukan pengamanan Pilkada 2020 di Mapolda Jatim, Senin (7/12/2020). Dok. Humas Polda Jatim.

Setelah ditangkap di Bantul, HF langsung dibawa ke Surabaya. Dia menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Jatim untuk mengetahui motivasinya menendang sesajen yang merupakan kepercayaan warga sekitar lereng Gunung Semeru.

"Tadi pagi baru sampai, kami masih lakukan pemeriksaan di Ditreskrimum Mapolda Jatim. Kami akan sampaikan nanti," tutur Gatot.

3. Penendang sesajen viral di medsos hingga dilaporkan ke polisi

Penendang Sesajen di Gunung Semeru Akhirnya TertangkapPelaku tendang Sesajen di Gunung Semeru/dok. Screenshot video viral

Sebelumnya, aksi HF viral di media sosial karena menendang dengan sengaja sesajen yang berada di kawasan Gunung Semeru. DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim pun melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim. HF diketahui bukan warga sekitar karena tidak ada yang mengenal. Ia diduga merupakan seorang relawan.

"Kalau lihat datanya dia dari Lombok Timur. Nah ini kenapa kita menginginkan harus dicari tuntas motivasinya. Karena umat beragama di Jatim sangat harmonis, tidak ada gesekan sama sekali," sebut Wakil Ketua Bidang Hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim I Ketut Swardana usai melapor, Senin (10/1/2022.

Baca Juga: Penendang Sesajen di Semeru Ternyata Pernah Tinggal di Bantul

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya