Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui Kendaraan

Yang dari Jalan Pemuda gak perlu muter-muter lagi

Surabaya, IDN Times - Sisi timur Jalan Yos Sudarso, tempat dilaksanakannya proyek Alun-alun Suroboyo, akan dibuka aksesnya untuk kendaraan bermotor sejak Sabtu (29/2). Pembukaan itu dilakukan lantaran jalan sudah dianggap kuat menahan beban berat.

1. Akan dibuka mulai dini hari besok

Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui KendaraanPortal pedesterian yang sempat dipasang di Jalan Yos Sudarso. Dok Istimewa

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan bahwa jalan tersebut akan dibuka pada Minggu (3/1) pukul 00.00 WIB. Sebelumnya, jalan tersebut memang sudah dibuka namun hanya boleh dilalui pejalan kaki dan pesepeda.

"Sedangkan pada sisi barat Jalan Yos Sudarso, masih dilakukan penutupan. Sebab, masih ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan," ujarnya melalui siaran pers Pemerintah Kota Surabaya, Sabtu (29/2).

2. Dari Jalan Pemuda bisa langsung belok kanan

Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui KendaraanJalan Yos Sudarso Surabaya yang rencananya akan dibuka. IDN Times/Fitria Madia

Dengan dibukanya Jalan Yos Sudarso sisi timur, lanjut Irvan, maka jalur lalu lintas kembali seperti semula. Pengendara yang ingin menuju Jalan Walikota Mustajab atau Jalan Ketabang Kali dari Jalan Pemuda, dapat langsung belok kanan lewat Jalan Yos Sudarso Surabaya.

"Alurnya kembali seperti dulu, terutama dari arah Jalan Pemuda ke Jalan Yos Sudarso," lanjutnya.

3. Rekayasa arus lalu lintas Jalan Plaza Boulevard dihilangkan

Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui KendaraanKepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad. IDN Times/Fitria Madia

Irvan menjelaskan, rekayasa lalu lintas sementara di Jalan Plaza Boulevard yang semula searah kembali jadi 2 arah. Sedangkan Jalan Ketabang Kali sisi timur, alurnya dikembalikan seperti dulu, yakni dari barat ke timur.

“Yang baru jembatan atau ramp (Jalan) Ketabang Kali ke arah Gubeng Pojok atau Pemuda difungsikan,” imbuhnya.

4. Alun-alun Suroboyo ditargetkan selesai 2021

Mulai Besok, Jalan Yos Sudarso Sisi Timur Bisa Dilalui KendaraanMaket proyek alun-alun Surabaya. Dok.IDN Times/Istimewa

Perlu diketahui, Jalan Yos Sudarso ditutup sejak 1 September 2019. Penutupan ini berkaitan dengan pembangunan Alun-alun Suroboyo, sebuah public space impian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang terletak di bawah tanah.

Nantinya, di Alun-alun Suroboyo akan terdapat berbagai sarana bagi masyarakat seperti panggung, sentra UMKM produk lokal, dan tempat nongkrong yang asyik bagi anak muda. Proyek ini merupakan proyek multiyears yang ditargetkan selesai pada 2021.

Baca Juga: Belum Siap, Alun-alun Surabaya Dibuka Hanya untuk Pejalan Kaki

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya