Comscore Tracker

Menristek: Triwulan Depan Bibit Vaksin dari Unair Disetor ke Bio Farma

Semoga vaksin COVID-19 bisa segera diberikan ke masyarakat

Surabaya, IDN Times - Tim Peneliti Vaksin Universitas Airlangga (Unair) dianggap sudah bergerak cepat dalam persiapan vaksin COVID-19 Merah Putih. Pada triwulan tahun 2021, tim Unair diperkirakan sudah mulai menyerahkan bibit vaksin kepada Bio Farma.

1. Menristek/BRIN serahkan keputusan Tim Pengembangan Vaksin kepada Unair

Menristek: Triwulan Depan Bibit Vaksin dari Unair Disetor ke Bio FarmaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hal ini disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D usai mengunjungi Unair pada Jumat (4/12/2020). Saat itu, Bambang menyerahkan surat Keputusan Menristek terkait Tim Nasional Pengembangan vaksin corona Merah Putih.

"Kami memberikan secara resmi kep Menristek kepada tim Unair sebagai salah satu tim yang mengembangkan vaksin," ujarnya, Jumat (4/12/2020).

2. Tim Unair memiliki inisiatif baik dalam pengembangan vaksin

Menristek: Triwulan Depan Bibit Vaksin dari Unair Disetor ke Bio FarmaIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Bambang menganggap bahwa tim peneliti Unair telah bekerja baik hingga saat ini. Mereka telah berinisiatif untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti RSUD dr Soetomo dan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) guna menyusun vaksin bagi virus Sars-Cov-2 tersebut. Kedua rumah sakit itu adalah rujukan utama pasien COVID-19 di Surabaya bahkan Jatim.

"Sejauh ini kalau dilihat dari progressnya berjalan baik. Unair juga dengan insiatifnya sudah melakukan komunikasi serta koordinasi dengan RSUD dr Soetomo dan RS Unair," tuturnya.

Baca Juga: Terima Mandat Jokowi, Unair Ingin Ciptakan Vaksin Lokal COVID-19

3. Triwulan pertama sudah bisa disetor ke Bio Farma

Menristek: Triwulan Depan Bibit Vaksin dari Unair Disetor ke Bio FarmaIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengenai tahapan penelitan vaksin oleh Tim Unair, Bambang memperkirakan bahwa bibit vaksin COVID-19 sudah bisa disetorkan ke Bio Farma atau perusahaan lainnya yang telah disetujui sebagai produsen vaksin. Hingga saat ini penelitian vaksin di Unair berlangsung lancar.

"Uji hewan sudah dilakukan. Sehingga triwulan satu tahun depan mereka sudah bisa menyerahkan bibit vaksin ke Biofarma," sebutnya.

Baca Juga: Wow! Vaksin Merah Putih Unair Sudah Masuk Fase Animal Trial

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya