Comscore Tracker

Khofifah Ingatkan Iduladha Jadi Sarana Komunikasi Lintas Golongan

Daging kurban bukan cuma buat umat muslim saja

Surabaya, IDN Times - Di Hari Raya Iduladha 1440 Hijriyah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan bagi warganya untuk menjadikan momen lebaran ini sebagai sarana bersosialisasi dengan tetangga. Sosialisasi ini seharusnya dilakukan tak hanya bagi sesama umat muslim saja.

1. Khofifah berharap Iduladha dapat jadi sarana sosialiasi

Khofifah Ingatkan Iduladha Jadi Sarana Komunikasi Lintas GolonganIDN Times/Fitria Madia

Khofifah berpesan agar momentum berbagi daging kurban agar menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan lingkungan. Ia menyampaikan pesan ini seusai ia menunaikan ibadah salat Id di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Ia melaksanakan salat bersama anak-anaknya serta menantu barunya. 

"ini akan membangun persaudaraan substantif, menyapa dengan kesalehan sosial yang substantif dan menyapa dengan solidaritas sosial yang substantif," ujar Khofifah, Minggu (11/8).

Baca Juga: Iduladha 2019, Pengelola Masjid Istiqlal Sembelih 43 Hewan Kurban

2. Daging kurban dibagikan kepada siapa saja tanpa melihat golongan

Khofifah Ingatkan Iduladha Jadi Sarana Komunikasi Lintas GolonganIDN Times/Fitria Madia

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa komunikasi yang terjaga dengan baik bukan hanya untuk sesama umat muslim melainkan dengan seluruh umat beragama lainnya. Pasalnya, Khofifah menjelaskan bahwa semua orang berhak atas daging kurban yang dibagikan.

"Sebenarnya kan daging kurban ini dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Jadi tidak mengenal kelompok apa, agama apa, dari mana," terangnya.

3. Berharap dapat meningkatkan kedermawanan

Khofifah Ingatkan Iduladha Jadi Sarana Komunikasi Lintas Golongan

Bagi warganya yang muslim, Khofifah berpesan agar dapat meneladani ajaran yang disiarkan melalui budaya berkurban tersebut. Ia berharap agar umat muslim dapat meningkatkan rasa peduli untuk berbagi dengan sesama umat manusia melalui berkurban.

"Tentu harapannya kita semua bisa menjadi bagian yang bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS bersama Nabi Ismail AS dan istrinya, Siti Hajar," tutupnya.

4. Serahkan sapi Jokowi dan sapinya

Khofifah Ingatkan Iduladha Jadi Sarana Komunikasi Lintas GolonganIDN Times/Fitria Madia

Pada kesempatan tersebut, Khofifah juga menyerahkan hewan kurban milik Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo, miliknya sebagai Gubernur Jatim, dan miliknya pribadi beserta keluarga. Hewan-hewan tersebut nantinya akan disembelih dan didistribusikan oleh Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

"Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik, dibagi pada masyarakat yang membutuhkan dan membawa berkah," ungkapnya dalam sambutan.

Baca Juga: Momen Iduladha, Yusuf Mansur Ajak Umat Muslim Satukan Potensi Ekonomi

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya