Kebakaran Saat Terlelap, Tiga Penghuni Rumah di Bogangin Selamat

Sang anak kehilangan kesadaran karena menghirup asap

Surabaya, IDN Times - Keselamatan nyawa memang menjadi prioritas utama dalam peristiwa bencana. Salah satunya terjadi saat kebarakan rumah di Jl. Bogangin I No.98, Surabaya pada Sabtu (28/8/2021). Tiga penghuni rumah berhasil selamat meski sempat terjebak api. Meski mengalami luka-luka dan menghirup banyak asap, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

 

1. Api sudah besar saat diketahui warga

Kebakaran Saat Terlelap, Tiga Penghuni Rumah di Bogangin SelamatIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Kabid  Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan, peristiwa kebakaran ini pertama kali dilaporkan ke pihaknya pukul 03.33 WIB. Menurut saksi sekitar, api sudah membesar di bagian depan rumah ketika pertama kali diketahui warga. Kondisi dini hari membuat tak banyak warga menyadari adanya kebakaran.

"Tak lama kami memberangkatkan Unit Tempur Rayon IV Wiyung dan langsung melaksanakan pemadaman. Api pokok padam pukul 03.46 WIB," ujar Bambang, Sabtu (28/8/2021).

2. Bapak selamatkan anak, ibu sembunyi di kamar mandi

Kebakaran Saat Terlelap, Tiga Penghuni Rumah di Bogangin SelamatKebakaran di Jalan Bogangin Surabaya, Sabtu (28/8/2021). Dok Command Center 112

Para penghuni rumah yang tengah terlelap pun panik melihat kondisi tempat tinggal mereka sudah setengah terbakar. Sang bapak, Danang Sugiarto (35) langsung meraih anaknya, Arimbi (12) yang sedang tidur untuk menyelamatkan diri ke luar rumah. Sedangkan sang ibu, Tatik Yuliati (35) memilih untuk bersembunyi di kamar mandi.

"Si ibu lari ke kamar mandi karena kondisi di depan rumah sudah banyak asap. Setelah Petugas PMK tiba, langsung berusaha menyelamatkan si ibu yang berada di kamar mandi," lanjut Bambang.

3. Tidak ada korban jiwa

Kebakaran Saat Terlelap, Tiga Penghuni Rumah di Bogangin SelamatKebakaran di Jalan Bogangin Surabaya, Sabtu (28/8/2021). Dok Command Center 112

Berkat penyelamatan yang cepat, tak ada korban jiwa dari kejadian ini. Tatik pun berhasil diselamatkan sebelum lemas akibat terlalu banyak menghirup asap. Sementara Danang mengalami luka bakar derajat 2. Sementara Arimbi juga mendapat luka bakar derajat 2 dan 3 serta kehilangan kesadaran akibat terlalu banyak menghirup asap.

"Untuk semua korban saat inidalam penanganan di ruang resusitasi IGD RS Dr Soetomo," lanjut Bambang.

4. Api berhasil dipadamkan dan tidak merambat ke bangunan lain

Kebakaran Saat Terlelap, Tiga Penghuni Rumah di Bogangin SelamatKebakaran di Jalan Bogangin Surabaya, Sabtu (28/8/2021). Dok Command Center 112

Untuk memadamkan kebakaran tersebut, Bambang dan timnya membutuhkan 12 unit pemadam. Pembasahan dinyatakan selesai dan kondusif pada pukul 04.34 WIB. Dari kebakaran ini,  bangunan seluas 6 x 10 meter persegi pun terbakar seluruhnya.

"Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui. Kebakaran juga berhasil dilokalisir sehingga tidak merembet ke rumah lain terutama kos-kosan yang tersambung dengan rumah itu," pungkas Bambang.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya